Bupati Janji Realisasikan Areal Parkir Wisata Religi

                                                                                 foto : Ist

GRESIK (jurnalberita.com) – Memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw 1433 H dan Haul Akbar Syeikh Maulana Malik Ibrahim ke-611, Bupati Gresik, Dr. Sambari Halim Radianto, berjanji merealisasikan areal parkir di wisata religi, Maulana Malik Ibrahim.

Janji Bupati itu disampaikan dalam pidatonya dihadapan undangan dan ribuan jemaaah serta peziarah pada acara Maulid Nabi besar Muhammad Saw 1433 H dan Haul Akbar Syeikh Maulana Malik Ibrahim ke 611, Minggu (5/2/12).

Hal itu sekaligus sebagai jawaban atas keluhan Yayasan Malik Ibrahim yang hingga saat ini sertifikatnya belum juga selesai. “Kami siap dibelakang anda untuk pengurusan sertifikat makam ini. Tak hanya di belakang, tapi saya siap di garda terdepan, asal tidak melanggar peraturan dan perundang-undangan,” ujar Bupati dalam pidatonya

Bupati Gresik juga menyampaikan rencana pembangunan areal parkir terpadu dan terintegrasi dan berlokasi di Kelurahan Lumpur. “Tempat parkir ini selain luas dan dapat menampung banyak kendaraan bagi para peziarah, juga terintegrasi dengan berbagai sarana pendukung, diantaranya tempat penjualan Oleh-oleh khas Gresik,” kata Bupati.

Selain itu, kata Bupati, dengan parkir yang terintegrasi, akan dapat mengurangi kemacetan dan kesemrawutan di sekitar lokasi makam. “Setidaknya peziarah akan lebih nyaman,” tandasnya.

Menurut Panitia, selain para kiai, pada peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw yang berbarengan dengan peringatan Haul Akbar kali ini, juga dihadiri para pemangku makam Aulia se-Jawa. Selain itu, panitia juga mengundang Kepala Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jawa Timur serta menghadirkn penceramah, Dr. Abdullah Shihab. .

Pada acara yang akan dilaksanakan selama beberapa hari ini, panitia menggelar beberapa kegiatan, diantaranya pembacaan Tahlil, Semaan Al Quran dan pemberian santunan kepada fakir miskin disekitar lokasi.

Menurut panitia, kegiatan sosial yang dilaksanakan Yayasan Malik Ibrahim terkait peringatan ini, telah menghabiskan dana sebesar Rp. 225 juta lebih. (jbc6/sdm)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site