Penyaluran Dana PKBL Pelindo III Meningkat Tajam

JOGJAKARTA (jurnalberita.com) - Dana Program Kemitaan dan Bina Lingkungan (PKBL) yang telah disalurkan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), selama tahun 2011 lalu mencapai Rp. 37,5 Miliar.

“Dana tersebut terdiri dari dana Kemitraan sebesar Rp. 28,3 Miliar yang diberikan kepada 804 mitra binaan dan dana Bina Lingkungan sebesar Rp. 9,2 Miliar, yang diberikan kepada 467 penerima bantuan,” jelas Direktur Keuangan PT Pelindo III (Persero), Wahyu Suparyono, saat pembukaan acara Workshop Pemetaan Wilayah Program Kemitraan dan Bina Lingkungan PT Pelindo III (Persero) di Hotel Santika Yogyakarta, Senin (20/2/12).

Terpisah, Senior Manager Kemitraan dan Bina Lingkungan PT Pelindo III (Persero), Sudiro Samirono menerangkan, jumlah dana PKBL yang disalurkan tersebut mengalami peningkatan cukup signifikan dibandingkan tahun 2010 sebesar Rp. 22,7 Miliar, dengan rincian dana Kemitraan Rp. 13,8 Miliar dan dana Bina Lingkungan Rp. 8,9 Miliar.

Setiap tahun, PT Pelindo III (Persero) menyalurkan dana PKBL kepada masyarakat yang berasal dari penyisihan laba perusahaan setelah dikurangi pajak, dengan besaran yang ditetapkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), masing-masing maksimal 2% untuk Program Kemitraan dan maksimal 2% untuk Program Bina Lingkungan.

PKBL adalah program yang dirancang Kementerian BUMN guna membantu meringankan beban pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat dan memeratakan pembangunan, sesuai dengan Peraturan Menteri BUMN Nomor:Per-05/MBU/2007 tentang Program Kemitraan BUMN Dengan Usaha Kecil Dan Program Bina Lingkungan.

Program Kemitraan merupakan program bantuan dana yang diberikan kepada masyarakat berbentuk pinjaman lunak modal usaha. Para penerima pinjaman dibebankan kewajiban untuk mengembalikan dana tersebut dalam kurun waktu tertentu.

Sedangkan Program Bina Lingkungan merupakan bantuan dana yang diberikan perusahaan kepada masyarakat dalam bentuk dana hibah dan penerima bantuan tidak dibebankan kewajiban untuk mengembalikan dana yang telah diberikan. (jbc2/hms/pp3)

Tags: , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site