Sistem Pengelolaan Keuangan Online Diterapkan

PACITAN (jurnalberita.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan tahun ini mulai menerapkan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD) berbasis internet (online). Penerapan sistem ini diharapkan mampu mempercepat pelaporan penggunaan keuangan daerah dari seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Pacitan Sunaryo mengatakan, dengan SIPKD, manajeman pengelolaan keuangan daerah di seluruh SKPD terkoneksi langsung dengan DPPKAD.

“Dengan demikian dapat mempersingkat proses pelaporan keuangan yang dikelola oleh seluruh SKPD kepada DPPKAD sehingga mempermudah birokrasi keuangan daerah,” kata Sunaryo, Kamis (2/2/12).

Menurutnya, penerapan SIPKD  sebagai upaya mempermudah SKPD dalam pelaksanaan penganggaran, mulai perencanaan anggaran, pelaksanaan anggaran, pengawasan, hingga pertanggungjawaban pengelolaan keuangan daerah.

“Sistem pengelolaan keuangan secara online ini juga akan memudahkan pemeriksa keuangan memvalidasi data di setiap SKPD. Sistem online ini jaminan pelaporan pengelolaan dan penggunaan keuangan dan barang milik daerah secara transparan dan akuntabel,” katanya.

Namun demikian menurut Sunaryo, SIPKD baru diterapkan pada badan, dinas dan kantor saja, belum sampai ke kantor kecamatan. Hal ini dikarenakan belum seluruh kantor kecamatan memiliki jaringan.

“Kita sebenarnya sudah melakukan ujicoba system jaringan ini per November tahun lalu, dan akan mulai kita efektifkan tahun ini,” tukasnya. (jbc15/jbc2)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site