Terdakwa Pencurian Menangis Dalam Sidang

Terdakwa menangis saat menceritakan perbuatannya didepan majelis hakim. (foto : jbc6)

GRESIK (jurnalberita.com) – Perbuatan terdakwa, M. Nuch (41), warga Desa Leran Kecamatan Manyar, Gresik terkesan nekad. Ia mencuri kambing dengan motor yang juga hasil curian. Ia pun kini harus menghadapi tuntutan pada sidang yang digelar di PN Gresik.

Sidang dengan Majelis Hakim yang diketuai Mustajab SH, telah mengagendakan pemeriksaan terdakwa, setelah pembacaan dakwaan JPU dan keterangan saksi. Dalam sidang, terdakwa mengakui perbuatannya merupakan tindakan yang salah dan melanggar hukum.
“Ya Pak hakim, saya merasa salah dan tidak akan mengulanginya lagi,” ujar terdakwa dihadapan mejelis hakim.

Ia pun menuturkan bila motor yang digunakan untuk mencuri kambing adalah motor hasil curiannya dan pencurian kambing yang dilakukan rencananya akan ia jual untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.

“Waktu itu, sekitar pukul 03.30 WIB di Dusun Segunting Desa Tambak Beras, Cerme, saya mencuri kambing yang saya ikat kemudian saya masukkan ke ronjot dengan menggunakan sepeda motor,” ujarnya lugu.

Namun, perbuatannya itu diketahui pemiliknya dan meneriakinya maling. “Waktu diteriaki maling, saya panik pak. Lalu laju motor saya dihadang warga kampung, sampai motor jatuh ke tambak. Dari pada dimassa, saya lalu melarikan diri,” urainya sambil menangis meminta keringanan hukuman.

Sebelumnya, terdakwa diseret JPU Erwin Indar Praja SH ke depan meja hijau karena melakukan tindak pidana pencuriaan pada tanggal 15 Maret 2011 lalu. Ia mencuri kambing milik saksi korban, Abdul Abdul Manan di Dusun Segunting Desa Tambak Beras Kecamatan Cerme.

Saat ditangkap aparat kepolisian usai melakukan pencurian, polisi pun mengamankan motor beserta kambing sebagai barang bukti. Namun, saat polisi memeriksa dan membuka jok sepeda motor, didapati dompet berisi KTP dan STNK.

Pada KTP tertulis nama terdakwa lengkap dengan alamat. Sedangkan motor yang digunakan mencuri kambing bukanlah milik terdakwa, namun milik orang lain yang beralamat di Desa Jombang Kabupaten Jombang. (jbc6/jbc2)

Tags: , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site