Bantuan Sosial Seumur Hidup Bagi Lansia

\"\"

PADANGPANJANG (jurnalberitacom) – Sungguh beruntung menjadi masyarakat Kota Padangpanjang, terutama bagi lanjut usia (Lansia) dan keluarga miskin. Pasalnya, Pemerintah setempat memberi perhatian khusus bagi lansia dan keluarga miskin di daerah itu.

Kepedulian yang cukup tinggi tersebut diwujudkan dalam bentuk anggaran bantuan sosial yang dialokasikan dalam APBD tahun 2012.

Bagi Lansia yang berasal dari keluarga miskin, setiap bulannya mereka akan mendapatkan bantuan Rp 300 ribu per bulan. Tak tanggung-tanggung, jaminan sosial itu bakal diberikan seumur hidup.

Hal itu diungkapkan Walikota Padangpanjang, Suir Syam kepada jurnalberita.com usai menyerahkan bantuan untuk lansia miskin di Kelurahan Bukik Suruangan, Kecamatan Padangpanjang Barat, Jumat (30/3/2012).

Wako pada kesempatan itu didampingi Wakil Walikota, Ir Edwin SP, Camat Barat, Kepala Dinas Sosnaker dan PSM Pendamping Kelurahan Bukik Suruangan.

Dijelaskan Suir Syam, data-data Lansia miskin yang berasal dari PSM selaku pendamping di setiap kelurahan dikumpulkan di Dinas Sosial. Kemudian, data itu akan dievaluasi kepatutannya untuk menerima bantuan.

“Data Lansia miskin tersebut kemudian dianggarkan bantuan untuk mereka setiap tahun masing-masing menerima Rp 300 ribu tiap bulan,” kata Wako.

Ditambahkan, khusus bagi lansia yang mungkin sudah tidak mampu untuk berjalan dan butuh perawatan medis, pihak rumah sakit atau Puskesmas juga ditugaskan untuk menjemput lansia miskin tersebut ke rumah mereka.

Di Kelurahan Bukik Suruangan hari ini, dua orang lansia miskin yang mendapatkan bantuan tersebut di antaranya adalah keluarga Dalius. Saat dikunjungi Walikota bersama Wawako, istri Dalius nampak dalam kondisi sakit reumatik kronis.

Secara spontan, Walikota Suir Syam memerintahkan Kepala RSUD Kota Padangpanjang untuk menugaskan ambulan guna menjemput istri Dalius ke rumahnya dan membawanya ke rumah sakit. (jbc17/jbc1)

Tags: , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*