Beredar, Foto Bugil Oknum PNS di Facebook

\"\"

PACITAN (jurnalberita.com) – Kegaduhan jagad birokrasi yang dipicu beredarnya foto bugil seorang oknum PNS Bagian Umum, Setkab Pacitan di dunia maya, terus memantik perhatian sejumlah pihak. Koordinator Forum Lintas Lembaga, H Asyhar Subhandy ikut geregetan atas kasus yang sempat membuat geger masyarakat Pacitan itu. Asyhar mengatakan, agar persoalan yang mencoreng Korps PNS tersebut diusut sesuai formula hukum yang ada.

“Agar tidak muncul fitnah dan berkembangnya spekulasi, sebaiknya permasalahan ini berjalan sesuai koridor hukum,\” tutur Ketua LSM Pacitan Corruption Watch (PCW) itu, melalui ponselnya, Minggu (25/3/2012). Meski begitu, Asyhar masih beranggapan, pelaku dalam foto seronok itu sebagai korban. Sehingga pihak terkait, diimbau lebih jeli dan ekstra hati-hati dalam menangani kasus tersebut.

“Jangan gegabah mengambil keputusan, apalagi sanksi pemecatan. Sebab dalam UU tentang Pokok-Pokok Kepegawaian maupun PP 53/2010 tentang Disiplin PNS, tidak ada satu pasal atau ayat pun yang mengatur, oknum tersebut harus mengundurkan diri atau dipecat dari PNS,\” kata pegiat LSM yang juga berprofesi sebagai advokat ini mewanti-wanti.

Sebagai seorang praktisi hukum, Asyhar menyarankan, agar pemeran foto bugil yang belakangan diketahui berinisal (RN) itu, melapor ke pihak berwajib. \”Kasus ini memang bukan delik aduan, tapi Polisi akan kesulitan mengembangkan penyelidikan kalau tidak didasari pengaduan dari pihak-pihak yang dirugikan,\” jelas Asyhar.

Sementara itu, Pengamat Politic Policy, Arif Setya Budi menambahkan, ada dua sudut pandang dalam kasus asusila itu. Siapa korban dan pengunggah foto seronoh di dunia maya melalui situs jejaring sosial facebook (FB), masih bias dan perlu diurai secara gamblang. Dia berpendapat, sekarang ini memang lagi terjadi transformasi gaya hidup (live style) sebagai dampak modernisasi era global. Kasus semacam ini diakuinya sudah merambah strata masyarakat dan lini birokrasi di Indonesia ini. Dimana perilaku menyimpang yang bertentangan dengan etika moral serta disiplin PNS, justru menjadi sebuah kebanggaan dan culture (budaya) baru.

\”Ya contohnya seperti itu (foto bugil, red). Kalau oknum tersebut memang sengaja mengunggah adegan syuurnya dengan tujuan popularitas, ini jelas pelanggaran etika dan disiplin sebagai seorang PNS. Sanksinya jelas dan tegas, sampai pemecatan. Namun kalau tidak ada unsur kesengajaan, berarti dia (RN) hanyalah korban. Ya harus ditelusuri dan diungkap, siapa penyebarnya. Apa tujuannya menyebar luaskan foto-foto seronoh tersebut,\” kata Arif.

Sebagaimana diketahui, belakangan ketenangan masyarakat Pacitan sedikit terusik dengan munculnya foto-foto bugil seorang oknum PNS di sebuah akun facebook. Dalam beberapa adegan  yang diduga diambil disebuah kamar mandi itu, satu diantaranya masih mengenakan baju batik warna merah yang dikenali sebagai seragam PNS di Rutang (Rumah Tangga) Bupati Pacitan. Hingga berita ini ditulis, RN belum bisa ditemui. Namun dalam akun facebook miliknya, RN sempat menulis curahan hatinya didalam status. Diantaranya, \”Mudah-mudahan selalu diberi ketabahan menghadapi semua musibah ini. Tak sanggup untuk berkata.\” (jbc15/jbc1)

Tags: , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*