Candi Borobudur Jadi Tuan Rumah FPII 2012

YOGYAKARTA (jurnalberita.com) – “Puluhan penyair dari berbagai negara dan kota besar di Indonesia akan membacakan puisi mereka di Taman Lumbini kompleks Candi Borobudur pada 1-2 April 2012 dalam tajuk Forum Penyair Internasional Indonesia (FPII). Mereka terdiri atas 17 penyair luar negeri dan 10 dalam negeri,” kata General Manager PT Taman Wisata Candi Borobudur (PT TWCB), Pujo Suwarno di Borobudur.

Pujo berharap, Borobudur yang merupakan peninggalan peradaban dunia di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah itu akan memberi inspirasi para penyair dunia melalui pembacaan puisi mereka awal April 2012.

Kegiatan itu, lanjut Pujo, semakin membuat Candi Borobudur yang dibangun pada masa pemerintahan Dinasti Syailendra pada abad ke-8, yang terletak di antara Kali Elo dengan Progo itu makin dikenal di kalangan penyair. Karena pembacaan puisi oleh penyair dunia di tempat itu sebagai momentum budaya yang penting.

Ketua Panitia Penyelenggara FPII Magelang, Dorothea Rosa Herliany mengatakan, kegiatan itu rangkaian pembacaan puisi oleh para penyair dunia di empat kota di Indonesia yakni Magelang (1-3 April 2012), Pekalongan (4-6 April), Malang (7-9 April), dan Surabaya (10-12 April).

Jumlah seluruh penyair yang terlibat pada acara tersebut sebanyak 42 orang yang terdiri atas 17 berasal dari beberapa negara dan 25 dari kota di Indonesia.

Penyair mancanegara antara lain berasal dari Jerman, Amerika Serikat, Zimbabwe, Belanda, Swedia, Denmark, Islandia, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, dan Makedonia. Penyair Indonesia antara lain berasal dari Bali, Bogor, Madura, Bekasi, Surabaya, Yogyakarta, Bekasi, dan Rembang.

Ia juga mengatakan, para penyair dunia itu juga akan mengunjungi Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo, Seminari Menengah Mertoyudan Kabupaten Magelang, dan Museum OHD Kota Magelang yang dikelola oleh kolektor lukisan Oei Hong Djien. Mereka juga akan beraudiensi dengan Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito dan kalangan pengusaha kota setempat. (ztc/jbc1)

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site