FPG Minta Tambah Pimpinan Komisi

Sahat T. Simanjuntak. (foto : jbc5)

SURABAYA (jurnalberita.com) – Sahat T. Simanjuntak, Plt Ketua Partai Golkar (PG) Jatim menegaskan, fraksinya di DPRD Jatim diminta menambah satu lagi jabatan pimpinan komisi. Hal itu merupakan salah satu agenda yang dihasilkan dalam rapat PG Jatim, Selasa (28/2/12) lalu.

“Kepada ketua baru maupun ketua lama Fraksi Partai Golkar (FPG),  untuk meminta satu jabatan lagi dalam sebuah komisi,” tegas Sahat, seusai melakukan fit and proper test para calon Komisioner Komisi Pelayanan Publik (KPP) Jatim, akhir Februari 2012 lalu.

Sahat beralasan, fraksi sebagai kepanjangan tangan partai harus sinergi dan mengedepankan kepentingan lembaga. PG ingin memposisikan 11 anggotanya di dewan untuk berkarya secara elegan, termasuk dalam meraih peluang jabatan juga harus diusahakan dengan serius.

“Selain agenda perubahan komposisi anggota di komisi, FPG tidak perlu segan lagi dalam upaya melaksanakan agenda partai. Ini bukan tugas ringan fraksi, tetapi selaku politisi di fraksi wajib memperjuangkan dengan hasil gemilang,” tutur Sahat, yang duduk pada Komisi A bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Jatim ini.

Perubahan komposisi FPG, yang masih terasa panas, bakal mengguncang ‘sinkronisasi kekuasaan’ para petinggi fraksi lainnya. Sinkronisasi Pimpinan Dewan dan Pimpinan Fraksi DPRD Jatim, yang dirumuskan di Denpasar-Bali medio Februari lalu, akan mengalami perombakan.

“Bagi PG Jatim, tidak ada hal terlambat dalam menata harmonisasi politik di DPRD Jatim. Asalkan, semua dirasionalkan sesuai format yang seharusnya. FPG diharapkan tak hanya punya Pimpinan Komisi A dan Badan Legislatif saja, tetapi ada tambahan di komisi lainnya,” tandas Sahat.

Sahat semula diproyeksikan mengganti Gatot Sudjito dari jabatan Ketua FPG. Namun, hasil keputusan rapat PG Jatim yang diketuai HM. Martono mempercayakan kepada HM. Hasan Irsyad.

“Diharapkan, pengalaman Pak Hasan sebagai Pimpinan Dewan di Probolinggo, mau unjuk kemampuan dan manis dalam lobi politik,” celetuk HM. Yusuf Husni, Ketua Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) dan mantan anggota DPRD Jatim.

Perubahan dan kebijakan komposisi FPG, akan menggeser komposisi 9 fraksi lainnya. Anggota FPG akan merata dalam 5 komisi, masing-masing 2 orang. Sedangkan 1 orang duduk dideretan pimpinan dewan, yang disandang HM. Soenarjo sebagai wakil ketua.

“Anggota FPG 11 orang. Dengan komposisi tidak merata ini, akan diubah melalui asas kesamaan. Kalau semula 3 orang di Komisi A dan 1 orang di Komisi C, akan disamakan. HM. Mochtar akan pindah dari Komisi A ke Komisi C bersama HM. Gatot Sudjito,” tambah Sahat, politisi yang juga menjabat sebagai Ketua Alumni Ubaya. (jbc5/jbc2)

Leave a comment





*