Kayu Sengon Melimpah Minim Pabrik Pengolah

Ruminarto. (foto : jbc15)

PACITAN (jurnalberita.com) – Kayu sengon kini tengah menjadi primadona bagi sebagian besar petani di Pacitan. Selain harga jualnya yang relatif bersaing, juga ditunjang pasar yang jelas.

Kepala Dinas Kehutanan Dan Perkebunan (Hutbun) Pacitan, Ruminarto mengatakan, saat ini sudah ada dua investor yang mengembangkan usaha produksi playwood berbahan baku kayu sengon di Pacitan. Satu pabrik bahkan sudah beroperasi sejak beberapa tahun lalu. Sementara satu pabrik masih dalam proses pembangunan.

“Tanaman kayu sengon memang relatif cepat dipanen (genjah). Karena itu, banyak petani lebih memilih tanaman tersebut,” kata Ruminarto, Jumat (9/3/12).

Pada kondisi normal, lanjut dia, setiap tahunnya terjadi pertumbuhan garis tengah (midle) sekitar 6 cm. Tentu saja, bila perawatannya baik serta ditunjang pemupukan secara berkala, tanaman sengon sudah bisa dipanen setelah berusia 6 tahun.

Menurut data, jelas Ruminarto, hasil panen sengon pada tahun lalu mencapai 129.000 meter kubik. Bahkan, jumlah tersebut diprediksi terus meningkat seiring geliat antusiasme petani menanam kayu sengon. Terbukti dari setiap kelompok kebun bibit rakyat (KBR), 50 persennya memilih menanam sengon.

Padahal, setiap kelompok mendapatkan jatah sekitar 50 ribu bibit. Itu artinya, setiap satu kelompok KBR menanam sebanyak 25 ribu sengon.  “Idealnya di Pacitan ini memiliki 3-4 pabrik pengolah kayu sengon. Sebab, ketersediaan kayu sangat melimpah sehingga terpaksa harus ‘dilempar’ keluar daerah, seperti ke Kabupaten Lumajang yang memiliki 10 pabrik pengolah kayu sengon,” jelas mantan Kabid Perkebunan Dishutbun itu. (jbc15/jbc2)

Tags: , , , , ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

10 Responses

  1. bisa tidak kami di beritahu untuk nama pabrik-pabrik kayu di pacitan?

  2. tentu tidak boss

  3. saya butuh banyak kayu sengon bisa bantu suplay …hub 081911551308 (abas)

  4. kalo bisa dilempar ke luar daerah kami membutuhkan sengon baik log maupun sawntimber/balken harga bersaing , pembayaran cash, kebutuhan kami 22.000 m3 perbulan sawntimber dan 8000 m3 log , terima kasih

  5. agan agan , sy membutuhkan log sengo p 260 cm diameter 30-up harga ikut pasar di wilayah agan agan ……….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site