Muhaimin Hadi : “Rekomposisi FPKB Masih Ruwet”

\"\"

SURABAYA (jurnalberita.com) - Perombakan komposisi Pimpinan dan Anggota Komisi di DPRD Jatim masih belum mulus. Bahkan, fraksi besar seperti Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga belum sinkron dan belum ada titik temu.

“Penataan kembali komposisi pimpinan dan anggota komisi dari Fraksi PKB masih runyam dan ruwet. Hal ini disebabkan banyak pertimbangan maupun tarik ulur antar  personal,” ungkap Muhaimin kepada wartawan, ditengah pengujian para calon komisioner KPP Jatim.

Beberapa nama diprediksikan akan tampil di kursi pimpinan komisi. Tokoh-tokoh muda seperti H. Thoriqul Haq, tampak berambisi mendongkel Nyai Hj. Kartika Hidayati dari Ketua Komisi C bidang Keuangan dan Anggaran.

Namun, banyak pihak masih ingin mempertahankan kedudukannya, termasuk munculnya nama H. Badrut Tamam. Sekretaris FPKB ini juga bersaing kuat dengan Sekretaris PKB. “Sebaiknya, Badrut dipercaya jadi Ketua Komisi C. dan Kartika duduk di Komisi E, menggeser H. Fuad Mahsuni yang menjabat Wakil Ketua Komisi E,” ujar anggota FPKB yang tak ingin disebutkan namanya.

Beberapa kolega PKB dari fraksi lain menyebut, peran Thoriqul Haq sebagai Sekretaris PKB Jatim sudah cukup strategis. “Kalau Throriq duduk di pimpinan komisi akan berimbas kepada partai, misalnya bila ada isu masalah keuangan atau korupsi, niscaya partai akan terseret buruk,” ujarnya, ditemui terpisah.

Hanya saja, lanjutnya, persoalannya para pemangku kuasa partai dan para seniornya, seperti Fuad Mahsuni, harus ngalah demi masa depan PKB dalam meraih kursi dalam Pileg 2014 nanti.

“Sang ketua partai pun, HA. Halim Iskandar dan pinisepuh PKB Jatim itu diuji. Apakah penataan dan rekomposisi fraksi, terkait peranan di komisi maupun perlengkapan dewan ini tepat dan benar?” tegas tokoh senior PKB Jatim ini.

PKB Jatim, menurut Muhaimin Hadi, optimis akan dapat menambah kursinya di dewan pada Pileg 2014. Ia mengungkapkan, Fraksi PKB di DPRD Jatim pernah mempunyai 31 kursi dan kini tinggal 13 kursi.

“Jika semua elemen partai dan fraksi kerja keras, Insya Allah PKB Jatim dalam Pileg 2014 bertambah 5-7 kursi,” ujar Ketua FPKB DPRD Jatim yang low profile ini dengan nada penuh keyakinan dan optimis. (jbc5/jbc2)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*