Puluhan Guru TPQ Ikuti Pelatihan Sehari

Narasumber menyampaikan materi dalam pelatihan Guru TPQ. (foto : jbc17)

PADANG PANJANG (jurnalberita.com) – Pemerintah Kota (Pemko) Padang Panjang serius kembangkan pembelajaran Al-Quran. Hal itu dibuktikan dengan pembinaan menyeluruh, termasuk pembinaan dan peningkatan kualitas pada Guru Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ).

Pembinaan yang dilakukan melalui bagian Kesejateraan Rakyat (Kesra) Pemko, diikuti seluruh guru TPQ sebagai upaya peningkatan kualitas guru sebagai pelaku pendidikan. Tak kurang dari 80 orang guru TPQ  mengikuti pelatiha selama satu hari penuh.

Berbagai materi disampaikan narasumber yang sengaja didatangkan, seperti materi metode pembelajaran al-Quran yang disampaikan oleh Wahidin Zakir dan Ilmu Tajwid dengan narasumber H. Rafles.

Dua materi pelatihan itu memberikan pencerahan baru bagi guru TPQ. Dalam materi metode pembelajaran al-Quran yang disampaikan Wahidin Zakir, dibahas tentang perlunya penyusunan rencana pembelajaran secara terukur dengan target pencapaian yang jelas.

Khusus materi seni baca Al-Quran dengan judul materi Naghamat dan Metode Pengajarannya, disampaikan oleh Suhardi, seorang pelatih Qori dan Qoriah Sumatera Barat. Sedangkan materi Psikologi Pendidikan Anak disampaikan oleh Sri Yunarti.

Dalam kesempatan yang sama, Pemko Padang Panjang juga menyampaikan ebijakan pengelolaan TPQ, diantaranya upaya peningkatan kualitas pendidikan dan pembelajaran Al-Quran, dengan tetap bersinergi dengan lembaga TPQ dan yayasan pendidikan Al-Quran serta akan dilakukan sertifikasi guru TPQ disertai insentif..

“Saya sangat mendukung program pemerintah kota dalam peningkatan kualitas guru TPQ. Selain penyetaraan dan menyamakan pemahaman terhadap teknik mengajar, tentunya dengan pelatihan itu akan kembali disegarkan pengetahuan tentang ilmu pendidikan al-Quran,” kata Yesi, salah seorang peserta seusai pelatihan, Senin (5/3/12).

Menurutnya, guru TPQ sangat membutuhkan pembinaan seperti pelatihan yang telah dilakukan. “Hal ini akan kembali membuka kesempatan belajar bagi guru TPQ. Biarpun selama ini kami telah memahami teknik pembelajaran Al-Quran, namun akan lebih sempurna lagi bila dilatih secara berkala oleh tokoh dan pelaku pendidikan profesional,” ungkapnya. (jbc17/jbc2)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site