TPP Guru Belum Dapat Dicairkan

PACITAN (jurnalberita.com) – Harapan ribuan guru bersertifikasi di Pacitan perihal cairnya tunjangan profesi pendidik (TPP) triwulan I pada bulan Maret ini, sepertinya masih sebatas mimpi. Dinas Pendidikan (Diknas) Pacitan belum bisa merealisasikannya, lantaran belum ada petunjuk tehnis pembayaran TPP guru dari kementerian terkait.

Kasubag Keuangan, Diknas Pacitan, Aviv Pratama mengatakan, hingga detik ini surat keputusan (SK) tentang pembayaran TPP guru belum turun. Pun soal pagu anggarannya juga belum ada. Meski begitu, Aviv berharap para guru bisa bersabar. Sebab, pihaknya tengah berkoordinasi dengan pusat. “Termasuk kekurangan satu kali TPP, tahun lalu masih diusulkan,” katanya.

Kapan TPP bisa dibayarkan? Aviv belum bisa memberikan kepastian. Namun, staf Bidang Tenaga Kependidikan Diknas Pacitan, Rino Budi Santoso, mengatakan, 19 Maret mendatang, pihaknya mendapat undangan ke pusat terkait persiapan pencairan TPP guru.

Rino mengungkapkan, jumlah guru bersertifikasi yang berhak mendapatkan TPP tercatat sebanyak 1. 723 orang. Dengan rincian, sebanyak 983 guru, merupakan kuota pembayaran TPP tahun 2011 lalu dan selebihnya para guru bersertifikasi yang rencananya baru akan menerima tunjangan tahun ini.

“Kami juga belum bisa memastikan besaran TPP. Apakah masih mengacu  gaji pokok lama, atau gaji pokok baru,\” jelasnya.

Terpisah, Kasi Perbendaharaan, Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan Dan Aset (DPPKA) Pacitan, Surono mengngkapkan bila alokasi dana transfer daerah untuk TPP guru, memang belum masuk ke kas daerah.

Ia pun belum bisa memberikan kepastian, kapan anggaran kesejahteraan ribuan guru tersebut bisa dicairkan. “PMK (Peraturan Menteri Keuangan) ataupun SE Dirjen belum ada,” tukasnya. (jbc15/jbc2) 

Tags: ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

2 Responses

  1. Sabar, Kang Joni, KangGuru

Pingbacks/Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*