Awas, Suplemen Antioksidan Bisa Merusak Tubuh

(jurnalberita.com)  Guna menjaga stamina untuk tetap sehat, pada umumnya masyarakat percaya dengan memberi antioksidan dalam bentuk suplemen. Sama seperti makanan mengandung antioksidan, suplemen antioksidan juga membantu mencegah berbagai penyakit.

Namun, penelitian terbaru justru mengungkapkan hal yang sebaliknya. Peneliti dari National Institutes of Health telah menunjukkan bahwa beberapa antioksidan justru merusak DNA dan membunuh sel pada tubuh orang sehat daripada melindungi sel-sel tubuh.

“Ini adalah temuan yang tak diduga. Temuan ini mungkin memiliki aplikasi klinis penting dalam mengobati pasien kanker, terutama pada mereka yang gagal dengan pengobatan sebelumnya. Namun justru berbahaya jika digunakan untuk mengobati penyakit lain, seperti diabetes,” papar Kyungjae Myung, Ph.D, peneliti dari Department of Genetics and Molecular Biology at the National Human Genome Research Institute.

Banyak orang percaya kalau meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh bisa mencegah dari berbagai penyakit dan tetap awet muda. Namun menurut Dr Myung, beberapa antioksidan justru bertindak sebaliknya. Kini diketahui 22 jenis antioksidan yang telah diteliti dan dapat merusak DNA, seperti resveratrol, genistein dan baikalein. (*/jbc1)

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site