Cegah Aksi Demo Jelang May Day

Ilustrasi demo hari buruh. (ist)

PACITAN (jurnalberita.com) –  Mungkin sudah menjadi agenda rutin tahunan, setiap datang peringatan Hari Buruh Sedunia (May Day) yang jatuh pada tanggal 1 Mei nanti, ribuan pekerja dari sejumlah organisasi dan serikat buruh di Indonesia berencana menggelar aksi unjuk rasa.

Mereka akan menyampaikan tuntutan soal kesejahteraan pekerja. Sekalipun aksi nantinya dimungkinkan tidak terjadi di Pacitan, namun kabar tersebut patut dijadikan kewaspadaan awal. Seperti diungkapkan, H Dawamuri, Kepala Dinsosnakertrans Pacitan. Dia menegaskan, perlu meningkatkan keamanan, meski sejauh ini belum ada tanda-tanda akan terjadinya gelombang aksi di Pacitan.

“Ya selalu kita tingkatkan keamanan, sekalipun belum ada kabar terkait recana itu (aksi demo, Red),” ujar Dawamuri.

Sementara itu Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Pacitan, Anang Setyaji menambahkan, pihaknya terus berupaya melakukan langkah-langkah preventif terhadap segala kemungkinan yang bakal terjadi. Meski, kata dia, sampai detik ini situasi di Pacitan masih relatif kondusif. Apalagi sejak adanya kesepakatan Tripatrid yang melibatkan pemerintah setempat, pengusaha dan pekerja, upaya-upaya pencegahan dini akan terjadinya gejolak aksi dari pekerja semakin mudah.

“Peran kita memang berupaya mengendalikan situasi dengan upaya preventif agar tidak minimbulkan gejolak,” bebernya.

Upaya pencegahan tersebut, menurut Anang, diantaranya dengan mengedepankan dialog antara pengusaha dan serikat pekerja yang ada di masing-masing perusahaan, seandainya muncul permasalahan yang berkaitan dengan kesejahteraan pekerja. Hal tersebut merujuk Surat Edaran (SE) Kemenakertrans No.88.03/MEN/III/2012 tentang Pencegahan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

“Kita juga mendorong ke semua perusahaan sesuai kemampuannya, agar bisa menaikan biaya makan dan biaya transport kepada para buruh/pekerja,” tandasnya. (jbc15/jbc1)

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site