Dra Kusrini, MM – Ketekunannya Membawa SMA Negeri 3 Tuban Raih ISO 9001:2008

Dra. Kusrini, MM.

TUBAN (jurnalberita.com) – Kusrini dilahirkan di desa Pakis kecamatan Durenan kabupatenTrenggalek Jawa Timur, pada tanggal 7 Juni1952. Bakat guru didapatnya dari ayah yang berprofesi sebagai kepala sekolah, sedangkan ibunya sebagai pedagang kecil-kecilan dan mengelola tanaman di sawah dan pekarangan.

Dra Kusrini, MM dilahirkan sebagai sulung dari sepuluh bersaudara, sehingga dalam jiwanya sudah tertanam jiwa ingin memberi contoh terbaik untuk adik-adiknya. Alhamdulillah, mulai kelas 3 SR (Sekolah Rakyat) hingga kelas 6 selalu mendapat rangking I. Bahkan ketika ujian SR berlangsung, Kusrini termasuk dari salah satu dari dua murid yang lulus.

Dengan kehidupan desa yang dibilang sederhana tersebut, menjadikan Kusrini sebagai sosok yang sederhana namun suka bekerjakeras dan pantang menyerah dalam menghadapi semua kesulitan.

Semasa kuliah di IKIP Negeri Malang sekarang (Universitas Malang), Ia sudah nyambi bekerja sebagai guru di SPG YPK kecamatan Selorejo Kabupaten Blitar. Semenjak saat itu Kusrini sudah menolak kiriman uang dari orang tuanya. Kusrini tamat Sarjana Muda tahun 1975, kemudian tahun 1977 bekerja sebagai GTT (Guru Tidak Tetap) di SPG Negeri Tuban yang sekarang menjadi SMKN 2 Tuban. Seijin orangtuanya, tahun 1978 Kusrini melepas jadi GTT di SPGN Tuban untuk kembali melanjutkan kuliahnya dan tamat tahun 1982. Tahun 1982 Kusrini kembali ke Tuban untuk menjadi GTT di SMA Negeri 1 Tuban dan diangkat sebagai PNS tahun 1983. Dan pada tahun 1986 Kusrini melepas masa lajangnya dengan seorang jaksa.

Selama bertugas menjadi guru, Kusrini tidak pernah menolak tugas yang diberikan oleh atasannya. Mulai dari tugas wajib sebagai guru hingga tugas tambahan lainnya seperti pembimbing karya tulis ilmiah, pustakawan, guru inti, guru teladan, wali kelas hingga menjadi wakil kepala sekolah bagian kurikulum.

Berkat ketekunannyalah, hingga pada tahun 1997 Ia dipercaya menjadi kepala sekolah di SMAN 1 Singgahan, kemudian tahun 1999 mutasi menjadi kepala sekolah di SMAN 1 Rengel dan tahun 2001 dimutasi lagi menjadi kepala sekolah di SMAN 2 Tuban. Pada tahun 2007 sampai 2012 dipercaya menjadi kepala sekolah SMAN 3 Tuban.

Di sela-sela kesibukannya sebagai kepala sekolah, Kusrini masih menyempatkan diri untuk melanjutkan jenjang pendidikannya dengan mengambil kuliah Strata 2 di Universitas Widya Jayakarta Jakarta, dan lulus pada tahun 2001.

Dra Kusrini MM saat menerima sertifikat ISO 9001 2008 dari BVI Jakarta. (foto:ist)

Tantangan mulai dirasakan Kusrini ketika dimutasi di SMAN 3 Tuban. Mulai dari keuangan, jumlah rombongan belajar/kelas sampai pada guru dan karyawannya. Perlahan-lahan pembenahan mulai dilakukan, diawali dari keuangan yaitu akreditasi sekolah yang semula berakreditasi B pada tahun 2008 menjadi A yang berstatus SSN. Selain itu berbagai lomba mulai dari Mading, Geguritan, Renang, Pramuka, LBB, Cung dan Nduk, Sepak Takraw, Basket, Pimpong dll. Setiap even di tingkat kabupaten, Regional Propinsi bahkan ada yang sampai finalis di tingkat Nasional. Bahkan prestasi gurunya pun mulai tingkat kabupaten hingga tingkat Nasional.

Rombongan belajar (kelas) juga bertambah, yang awalnya hanya 15 kelas pada tahun 2008, kini sudah menjadi 21 kelas, otomatis juga penambahan ruangan kelas.

Tidak mau tertinggal dengan sekolah lain, Komite sekolah ingin mendapatkan pengakuan secara International. Alhamdulillah, pada akhir masa jabatan Dra Kusrini MM dibantu oleh seluruh tim, SMAN 3 Tuban pada tanggal 28 Februari 2012, dinyatakan lulus dan mendapat sertifikat ISO 9001:2008 oleh BVI (badan Sertifikasi) Jakarta tanpa revisi. Dengan demikian maka SMAN 3 Tuban sudah sejajar dengan SMAN / SMKN di kota Tuban yang diakui statusnya baik secara Nasional maupun International. (jbc3/jbc1)

Tags: , , , , , , , , , ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

5 Responses

  1. Semoga SMA Negeri 3 Tuban setelah mendapatkan sertikat ISO lebih maju dan berkompetisi dengan SMAN/SMKN RSBI yang ada. Bravo SMAN # Tuban

  2. Alhamdulillah Sekolah kami mendapatkan ISO dan menjadi motivasi untuk meningkatkan SMD kita.

  3. Semoga dengan mendapatkan sertifikat ISO, Smaga bisa lebih maju dan fasilitas untuk siswa-siswi SMAGA lebih lengkap lagi.

  4. Slamat dan sukses selalu buat SMAN 3 Tuban atas diraihnya ISO.
    Semoga SMAN 3 Tuban makin mendapat kepercayaan dari masyarakat Jatim khusnya Kabupaten Tuban.

  5. turut bangga jadi alumni sma3 tuban….cayo…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site