Jumlah Kursi Tiap Dapil Bisa Berubah

Damhudi, Ketua KPUK Pacitan. (foto : dok/jbc15)

PACITAN (jurnalberita.com) – Penentuan jumlah kursi calon anggota DPRD Kabupaten Pacitan pada masing-masing daerah pemilihan (Dapil), kemungkinan mengalami perubahan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) Pacitan, Damhudi mengatakan, secara umum jumlah kursi calon anggota DPRD Kabupaten Pacitan, tetap tidak berubah, sebanyak 45 kursi. Namun, jumlah kursi yang akan diperebutkan calon legislatif di setiap Dapil pada Pemilu 2014 nanti, dimungkinkan bakal mengalami perubahan, tidak seperti Pileg Tahun 2009 lalu.

Hal tersebut dikarenakan, pertumbuhan penduduk di masing-masing kecamatan dalam suatu Dapil tidak sama. “Indikator penentu jumlah kursi di setiap Dapil, dihitung berdasarkan jumlah penduduk. Dalam kurun waktu lima tahun, kemungkinan antara Dapil satu dengan yang lain, angka pertumbuhan penduduknya tidak sama. Bisa bertambah, bisa berkurang. Hal itu akan berdampak terhadap penentuan jumlah kursi,” terang mantan pegiat LSM tersebut, Senin (23/4/12).

Sementara itu, anggota KPUK Pacitan, H.Agus Hadi Prabowo menambahkan, Kabupaten Pacitan akan terbagi dalam 6 Dapil. Masing-masing Dapil, merupakan gabungan dari dua kecamatan terdekat. Dapil I terdiri dari Kecamatan Pacitan dan  Pringkuku dengan 8 kursi, Dapil II Kecamatan Punung dan Donorojo, dengan 6 kursi, Dapil III Kecamatan Nawangan dan Bandar, dengan 8 kursi.

Sedangkan Dapil IV adalah Kecamatan Arjosari dan Tegalombo dengan 7 kursi, Dapil V Kecamatan Kebonagung dan Tulakan dengan 10 kursi serta Dapil VI, yaitu gabungan Kecamatan Ngadirojo dan Sudimoro, dengan 6 kursi.

“Untuk gabungan kecamatan, dimungkinkan tidak ada perubahan. Namun jumlah kursi setiap Dapil, ada kemungkinan berubah sesuai jumlah penduduknya,” tambahnya. (jbc15/jbc2)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site