Pelantikan Pengurus DPC HNSI Tuban

\"\"

TUBAN (jurnalberita.com) – Terpilihnya H Matrawi sebagai ketua DPC HNSI (Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia) Tuban hasil Muscab Desember lalu oleh pengurus RN Sekabupaten Tuban, ditindaklanjuti dengan melantik pengurus DPC HNSI Kabupaten Tuban.

Kepengurusan DPC HNSI kabupaten Tuban yang dipimpin oleh H Matrawi dilantik oleh Kamil Najib selaku Sekretaris DPD HNSI Jatim mewakili Ketua HNSI Jatim, Sungkono Adiwijaya di gedung Sandia PT Semen Gresik, Tuban, Rabu (25/4/2012).

Acara pelantikan pengurus ini dihadiri pengurus RN (Rukun Nelayan) 5 kecamatan di wilayah pesisir kabupaten Tuban. Selain itu, nampak juga pejabat Muspida dan Muspika yang ada di pesisir kabupaten Tuban.

H Matrawi selaku ketua terpilih DPC HNSI Kabupaten Tuban, mengatakan, Kabupaten Tuban yang memiliki pantai sepanjang 65 km mempunyai potensi besar bagi masyarakat di pesisir laut. “Sementara tantangan saat ini bagi nelayan adalah penghasilan dari tahun ke tahun yang kian menurun,” ungkapnya.

Laut Tuban, lanjut H Matrawi, menjadi lalulintas kapal besar. Dan dengan adanya penanaman pipa milik Pertamina yang sering tersangkut di jaring milik nelayan, perlu diadakan pelatihan bagi nelayan muda untuk meningkatkan SDM-nya. Begitu juga perlunya menggairahkan kembali koperasi nelayan.

Dalam kesempatan yang sama, Kamil Najib SH berpesan pada pengurus yang baru dilantik supaya lebih meningkatkan koordinasi dengan Dinas Kelautan Tuban dan DPRD setempat, untuk meningkatkan bujet yang sudah ada demi kemajuan nelayan.

Sambutan dari Bupati Tuban, yang dibacakan Wakil Bupati Ir Noor Nahar menyampaikan, “Pemkab Tuban memberi atensi pada para nelayan, dengan akan dibangunnya TPI dengan dana Rp 80 miliar di kecamatan Bulu, mengingat besarnya potensi laut yang ada di kabupaten Tuban”.

Lemahnya akses perbankan bagi nelayan, Bupati menekankan perlunya peningkatan peranan keluarga nelayan melalui pengadaan pelatihan untuk meningkatkan ekonomi keluarga. (jbc3/jbc1)

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

2 Responses

  1. Selamat atas Terpilihnya H Matrawi sebagai ketua DPC HNSI (Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia) semoga nelayan maju ke depan. dan sejahtera. amin.

  2. Mohon info / refrensi koprasi nelayan unggulan di daerah anda. Kami dan beberapa nelayan dari Kaltim ingin belajr/kunjungan ke koprasi tersebut seputar bln september 2012 yang akan datang.
    atas bantuan saudara kami ucapkan banyak terimakasih
    wassalamu’alaikum wr.wb

    saiful hidayat am
    jl.tanjung pura no.6 RT27 balikpapan
    081392436461

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*