SBY Akan Hentikan Wacana Soal BBM

Ikhsan Modjo. (foto:ist)

JAKARTA (jurnalberita.com) –  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berencana akan mengumumkan kebijakan pengendalian konsumsi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi pada Selasa (24/4/2012) mendatang. Keputusan tersebut akan diumumkan di Istana Negara, Jakarta.

Ketua Departemen Keuangan DPP Partai Demokrat, Ikhsan Modjo menegaskan, pemerintah tidak akan berwacana lagi memutuskan kebijakan energi nasional. Menurutnya, program pengendalian konsumsi BBM terlampau lama dipolemikkan sejak tahun 2009 dan terhenti sebatas konsep.

Presiden langsung mengambil keputusan agar subsidi energi lebih dari Rp 200 triliun yang telah diamanatkan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dapat tepat sasaran.

“Pengendalian BBM bersubsidi merupakan takdir ekonomi dan tidak perlu dimentahkan kembali oleh segelintir politisi untuk mencari popularitas,” ujar Ikhsan dalam dialog Polemik bertajuk “BBM Bikin Galau” di Jakarta, Sabtu (21/4/2012).

Ikhsan menambahkan, kebijakan pengendalian konsumsi BBM oleh pemerintah juga akan mencakup regulasi yang akan mendorong penggunaan energi ramah lingkungan dan berbahan bakar nabati (BBN).

Kebijakan ini tidak hanya menjaga postur APBN, namun merupakan bagian transisi guna mengatasi problema energi nasional. Dia mencontohkan tahun 2009, volume konsumsi BBM bersubsidi masih berada di kisaran 20 juta Kilo Liter, namun melonjak mendekati 40 juta KL pada 2011.

“Tanpa dikendalikan, penyediaan energi di masyarakat akan selalu akan menjadi masalah. Di satu sisi, pertumbuhan ekonomi akan meningkatkan konsumsi BBM dan berimplikasi pada naiknya risiko pada fiskal anggaran. Padahal BBM merupakan komoditi energi yang terbatas sehingga harus dipatok pemerintah pada kuota APBN sebesar 40 juta Kilo Liter (KL),” terangnya. (kbc/jbc1)

Tags: , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site