Tim IPSI Padang Kunjungi Perguruan Ampu Silang

Suasana Latihan Perguruan Ampu Silang. (foto:jbc17)

Padang Panjang (jurnalberita.com) – Perkembangan pencak silat makin marak di Padang Panjang. Hal itu ditandai dengan makin aktifnya berbagai perguruan pencak silat menggelar latihan, termasuk diantaranya perguruan Ampu Silang.

Perguruan pencak silat yang berpusat di ibukota provinsi Sumatra Barat itu memiliki cabang di beberapa daerah, termasuk di kota berjuluk Serambi Mekah tersebut. Berbasis di komplek Madrasah Aliyah Negeri Koto Baru Padang Panjang, tidak kurang dari 30 orang murid perguruan itu rutin menggelar latihan.

Mencermati perkembangan demikian, pihak IPSI Padang Panjang sebagai wadah berhimpunnya seluruh perguruan beladiri beraliran pencak silat, Jumat (27/4/2012) mengutus tim untuk mengunjunginya. Dua orang utusan yang dipimpin langsung oleh Sekretaris IPSI Padang Panjang, Nova Indra, mendampingi latihan yang dimulai sejak siang hingga sore.

“Kami sangat gembira dengan kunjungan tim IPSI Padang Panjang. Hal ini menunjukkan bahwa kami sebagai sebuah perguruan yang ada di sini, mendapat perhatian dari induk organisasi pencak silat,” demikian disampaikan Marde, ketua Tim Pelatih Perguruan Ampu Silang MAN Koto Baru.

Marde menjelaskan, selama ini dalam latihan ia selalu menekankan kepada muridnya bahwa untuk menjadi seorang pesilat yang tangguh harus memiliki kecerdasan berpikir, mental yang kuat, dan fisik yang terjaga staminanya.

Hal itu diiyakan oleh utusan IPSI Padang Panjang saat memberikan arahan di depan murid-murid perguruan tersebut. Menurut Sekretaris IPSI yang juga Pelatih Kepala di salah satu perguruan pencak silat di daerah setempat, sangat tepat apa yang disampaikan Marde.

“Sangat tepat apa yang disampaikan Marde sebagai pelatih. Seorang pesilat, harus memiliki kecerdasan berpikir, karena setiap langkah dalam bersilat harus dipikirkan secara matang, salah bergerak akan fatal akibatnya. Begitu juga dengan mental yang baik dan fisik dengan stamina tergaja, turut menentukan berhadil atau tidaknya seorang pesilat untuk meraih prestasi,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan, kehadiran tim IPSI itu merupakan langkah awal pihaknya untuk menyosialisasikan program IPSI setempat dalam persiapan menghadapi pekan olahraga provinsi (Porprov) Sumbar ke-12 akhir tahun ini.

“Kami sengaja kunjungi perguruan pencak silat yang ada. Ini dilakukan untuk sosialisasi program tahunan. Selain itu ini langkah awal untuk melihat sejauhmana para pesilat siap untuk mewakili daerah pada Porprov mendatang,” jelasnya. (jbc17/jbc1)

 

Suasana Latihan Perguruan Ampu Silang. (foto:jbc17)

Tags: , , , , , , ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

One Response

  1. semoga dengan kegiatan seperti ini, kita selaku putra/putri indonesia bangga dengan kelestariaan budaya indonesia terutama beladiri asli indonesia pencak silat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site