Festival Teater Perkuat Jaringan Komunitas Teater

\"\"TUBAN (jurnalberita.com) – Sekitar empat belas komunitas teater yang berasal dari beberapa daerah akan beradu performance dalam festival teater se-Jatim yang diadakan oleh Dinas Perekonomian dan Pariwisata Tuban di Gedung Budaya Loka Tuban.

Festival Teater yang berlangsung dari tanggal 21-25 Mei 2012 ini dihadiri 6 Kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Lamongan, Bojonegoro, Mojokerto, Jombang, Surabaya dan Tuban sendiri yang juga sebagai tuan rumah.

Festival teater se-Jatim ini diikuti oleh 14 komunitas teater, 9 diantaranya adalah komunitas lokal d Tuban. Sedangkan 5 komunitas yang lain berasal dari Jombang, Lamongan, Bojonegoro, Surabaya dan Mojokerto.

Menurut ketua panitia Festival, Listiyo Utomo, acara yang rencananya diadakan sampai tanggal 25 Mei mendatang itu, mempunyai tujuan sebagai Sparing Partner dalam rangka untuk memperkuat komunitas teater yang ada di Tuban dengan jaringan kota-kota besar lainnya.

“Panitia berharap setelah diadakanya festival ini, akan ada sebuah kekuatan baru dalam bidang teater di kota Tuban. Sehingga proses kreatifitas yang ada akan terus berkembang dan bisa merambah ke level nasional,” ujar Listiyo.

Ditempat terpisah, Sutradara komunitas Teater Labu Kabupaten Bojonegoro, Suantoko saat diwawancarai jurnalberita.com menyatakan, akan memanfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya.

“Kehadiran kami disini adalah sebagai bentuk untuk menyalurkan minat bakat kami dan akan memanfaatkan event ini dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Kepala Dinas Perekonomian Dan Pariwisata Kabupaten Tuban, Ir. Farid Achmadi MMT, saat dikonfirmasi via telepon mendukung secara penuh  kegiatan kreatifitas yang dilakukan anak-anak muda itu. Peserta festival teater juga akan merebutkan 8 kategori kejuaraan dengan tropy dari Pemerintahan Daerah Tuban dan Jawa Timur, disamping uang pembinaan total Rp 9.700.000.

“Kami sangat mendukung atas diselenggarakanya festival teater ini. Kita harapkan nantinya bisa mencetak aktor dan aktris profesional ditataran Nasional maupun Internasional dan dapat menjadi kebanggaan Kabupaten Tuban,“ ujar Farid.

“Dalam kegiatan festival ini peserta akan berlomba-lomba merebutkan juara antara lain 10 penyaji terbaik, aktor dan aktris terbaik, sutradara terbaik, penata artistik terbaik, penata musik terbaik, juara favorit dan juara umum. Pengumuman kejuaraan nanti disampaikan tanggal 25 Mei sekalian penutupan,“ tambahnya. (jbc18/jbc2)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*