Forkot Demo Protes Proyek Pipa Gas

Aksi demo yang dilaukan aktifis Fprkot Gresik. (foto : jbc6)

GRESIK (jurnalberita.com) – Puluhan aktivis dari Forum Kota (Forkot) Kabupaten Gresik, melakukan aksi di Jl Gubernur Suryo Kecamatan Manyar, Rabu (23/5) kemarin. Mereka melakukan aksi untuk mengutarakan keprihatinan mereka terhadap semakin banyaknya para pengguna jalan, atau pengendara yang melintas di tempat itu yang mengalami kecelakaan. akibat proyek penanaman pipa gas, yang hingga saat ini masih belum selesai.

Dalam aksi tersebut, mereka secara terang-terangan menuding PT. Sadikun dan PT. Surya Cipta Internusa (SCI) sebagai pihak yang harus bertanggung jawab. Koordinator Aksi Yuyun Wahyudi mengatakan, pihaknya sangat menyesalkan lambannya penyelesaian proyek hingga memunculkan persoalan terpendam atau semacam bom waktu. “Yang dimaksud dengan bom waktu, salah satunya adalah dengan semakin meningkatnya tingkat kecelakaan di tempat ini,” ujarnya.

Oleh karena itulah, Yuyun mendesak Pemkab Gresik melakukan tindakan tegas menyelesaikan permasalahan tersebut. Mereka meminta Pemkab Gresik segera mencabut izin penanaman pipa dari kedua perusahaan tersebut. “Selain itu, kami juga meminta supaya kedua perusahaan itu melakukan perbaikan atau rekondisi jalan seperti sedia kala,” tandas Yuyun.

Selain melakukan orasi di lokasi penanaman pipa gas, demonstran juga melakukan aksi dorong motor mereka, sebagai simbol jalanan yang tidak dapat dilalui. Bahkan, mereka juga melakukan aksi penghentian sebuah truk petikemas yang melintas di tempat tersebut.

Beruntung aksi tidak berlangsung lama, karena pihak kepolisian bertindak cepat, dengan melakukan negosiasi dengan para demonstran. Setelah puas melakukan aksinya,  massa Forkot bergerak ke arah kantor Satpol PP Kabupaten Gresik, yang terletak di Jl Wahidin Sudirohusodo. Di tempat itu, mereka mendesak agar Satpol PP, segera bertindak tegas, dengan menertibkan proyek penanaman pipa gas tersebut. (jbc6/jbc2)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site