GP Ansor Tuban Gelar Sanlat Kader Muda NU

\"\"

TUBAN (jurnalberita.com) – Dalam rangka untuk mengantarkan sebanyak-banyaknya kader-kader muda Nahdhlatul Ulama (NU) masuk di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), terutama melalui jalur Beasiswa Pendidikan Mahasiswa Berprestasi (Bidikmisi), GP Ansor mengadakan Pesantren Kilat (Sanlat) yang diikuti sebanyak 43 pelajar dari berbagai MA, SMA dan SMK dari beberapa Kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban.

Puluhan pelajar itu akan digembleng selama satu bulan dan diwajibkan mondok yang dimulai tanggal 14 Mei sampai menjelang ujian SMPTN tanggal 12-13 Juni 2012 di Ponpes Al-Musthofawiyah, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban guna persiapan mengikuti SMPTN (Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Dalam waktu satu bulan itu pula, para pelajar tersebut akan dibimbing oleh guru-guru yang mumpuni di bidangnya. Dengan begitu, ketika mengikuti SMPTN mereka bisa lolos.

\”Selain materi pelajaran sesuai dengan jurusan masing-masing. Peserta juga akan mendapatkan materi ke-Aswajaan NU. Hal itu untuk menguatkan ideologi kaderisasi NU dan Ansor agar tidak tergerus oleh arus modernisasi terutama Wahabisasi,\” ujar Sihabuddin, panitia Sanlat SMPTN GP Ansor Tuban, Jumat (18/05/2012).

Kegiatan Pesantren Kilat yang dimulai pukul 03.00-21.00 WIB, diawali dengan melaksanakan shalat tahajud dan dilanjut dengan shalat subuh secara berjamaah. Siswa siswi ini digembleng secara matang untuk benar-benar menanamkan ideologi Aswaja NU sebagai kader muda NU yang tidak tergerus arus modernisasi dan gerakan-gerakan Wahabi yang sudah menjalar di setiap kampus-kampus yang ada di Indonesia.

Sihabuddin menjelaskan, sebelum masuk Sanlat, para peserta dari berbagai Kecamatan itu harus menjalani seleksi terlebih dahulu. Awalnya, pendaftar Sanlat mencapai 60 siswa-siswi dari jurusan IPS dan IPA MA, SMA dan SMK se Kabupaten Tuban. Namun setelah melakukan seleksi yang lolos hanya 43 peserta. \”Nah, mereka yang lolos itulah berhak mengikuti sanlat selama satu bulan di Ponpes Al-Musthofawiyah ini,\” tambah sihabuddin saat ditemui jurnalberita.com di Ponpes Al-Musthofawiyah sembari memberi pengarahan kepada peserta.

Ketua GP Ansor Tuban, Syafiq Sauqi yang akrab dipanggil Gus Syafiq mengatakan, kegiatan Sanlat SMPTN merupakan wujud kepedulian Ansor guna menyiapkan kadernya di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). \”Oleh karena itu kami membentengi kader-kader muda NU sebelum masuk PTN,\” terang Gus Syafiq.

Harapan besar GP Ansor Kabupaten Tuban, peserta yang lulus SMPTN bisa menjadi pioner kaderisasi NU di tingkatan mahasiswa. Maka dari itu kader-kader muda NU harus disiapkan sejak dini. (jbc18/jbc1)

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

2 Responses

  1. smoga lancar, berkah dan manfaat tuk semua amiiiiiiiiiiiiiiin,

  2. kok selalu ya membawa-bawa Wahabbi?apakah MUI menyatakan Wahabbi itu sesat? harusnya diberi pelajaran untuk menangkal virus aliran sesat SEPILIS, biar pas kuliah tdk keluar dari manhaj ASWAJA yg lurus…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*