Hasil Unas Bukan Akhir Segalanya

\"\"

TUBAN (jurnalberita.com) – Hasil Ujian Nasional (Unas) tingkat SMU/MA/SMK Kabupaten Tuban  sudah resmi diumumkan pada hari ini, Sabtu (26/5/2012). Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan olah Raga Kabupaten Tuban, Sutrisno saat dikonfirmasi jurnalberita.com via telepon mengenai hasil UN menyatakan, ada dua siswa yang tidak lulus pada Ujian Nasional tahun 2012 ini.

Sementara itu Unas tahun 2012 ini diikuti sebanyak 7.297 dari siswa SMU/MA/SMK dari jumlah total Sekolah Menengah Atas (SMA) sebanyak 3.640 siswa, Madrasah Aliyah (MA) 2.263 siswa, dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebanyak 2.394 siswa.

Dari dua siswa yang tidak lulus itu adalah siswa SMK dan MA. Untuk siswa SMK ini dipastikan tidak lulus karena nilainya tidak memenuhi standar kelulusan yaitu 5,5, sedangkan untuk satu siswa Madrasah Aliyah ini dikarenakan ada nilai yang kosong, yaitu nilai Geografi sehingga akan dilakukan pengoreksian kembali.

“Untuk satu siswa Madrasah Aliyah yang tidak lulus, dikarenakan nilainya kosong diharapkan sabar lebih dahulu, kita akan melakukan pengoreksian ulang, kenapa nilai geografinya bisa kosong,” ujar Sutrisno.

Kepala Dinas Pendidikan berharap bagi siswa yang tidak lulus, jangan lantas patah arang karena sebenarnya hasil Unas bukanlah akhir segala-galanya. Masih banyak cara lain yang ditempuh, misalnya dengan mengikuti ujian kesetaraan (paket C) atau dapat mengulang kembali pada tahun depan.

“Jadi tidak ada alasan bagi siswa yang tidak lulus, untuk berhenti berusaha karena ukuran sukses tidak semata dari kelulusan Unas saja. Paradigma (sudut pandang) semacam inilah yang harus diubah, karena sistem pendidikan yang sudah salah kaprah. Hanya menjadikan kecerdasan intelektual saja sebagai ukuran kelulusan,” pungkas Sutrisno dalam memberi semangat bagi siswa yang tidak lulus. (jbc18/jbc1)

Tags: , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*