Kadispendik : Pengumuman Lulus Dilakukan Tertutup

Kepala Dinas Pendidikan Tuban, Sutrisno. (foto : jbc18)

TUBAN (jurnalberita.com) - Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban menghimbau agar pengumuman hasil Ujian Nasional (UN) atau kelulusan dilakukan secara tertutup. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya budaya corat-coret seragam usai pengumuman kelulusan dan melakukan konvoi di jalanan.

“Nantinya setiap siswa mendapat surat kelulusan yang akan diberikan kepada masing-masing sekolahan untuk dikirimkan langsung kepada setiap siswa. Semua siswa diharapkan menunggu di rumah masing-masing dan tidak perlu datang ke sekolah,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Tuban Sutrisno, saat ditemuai jurnalberita.com disela aktivitasnya. Senin, (21/5/12) lalu.

Sutrisno menilai jika pengumuman kelulusan dilakukan secara terbuka dengan memasang pengumuman di sekolahan, hal itu akan memicu siswa untuk melakukan corat-coret seragam dan konvoi sebagai bentuk pelampiasan kegembiraan mereka. Padahal, ungkapnya, ini bukan akhir keberhasilan siswa, tapi ini adalah awal dari sebuah keberhasilan.

Sutrisno menyarankan jika dalam kegiatan kelulusan nanti agar melakukan hal yang lebih bermanfaat dan tidak merugikan diri sendiri, sesuai slogan kota Tuban “Tuban Santun”.

“Lebih baik siswa melakukan pengumpulan seragam layak pakai untuk disumbangan kepada anak yang kurang mampu agar lebih bermanfaat,” saran Sutrisno dengan penuh harapan.

Perlu diketahui, pengumuman kelulusan tingkat SMA sederajat akan dilakukan pada tanggal 26 Mei mendatang, tingkat SMP dan sederajat pada tanggal 2 Juni serta tingkat SD, akan dilakukan pada tanggal 16 Juni mendatang

Sutrisno juga mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian untuk mengamankan siswa yang masih melakukan aksi coret-coret dan konvoi di jalanan. Ia berharap agar pihak kepolisian tidak segan-segan memberi sangki kepada siswa yang melakukan konvoi ditengah jalan yang bisa memicu kecelakaan. (jbc18/jbc2)

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site