Kenalkan Budaya, Tiang Lampu Dilukis Batik Gedok

Salah seorang pekerja tengah melukis motif batik gedok. (foto : jbc18)

TUBAN (jurnalberita.com) – Perubahan warna Kota Tuban nampak indah dan asri pada sejumlah tiang lampu penerang kota. Hampir selama dua minggu ini, sejumlah pekerja mneghiasi dan melukisnya dengan lukisan batik gedok, yang merupakan batik khas Kota Tuban.

“Kita mulai dari Jalan Pahlawan, yang merupakan sudut paling Timur Kota Tuban sampai Jalan Letda Sucipto yang merupakan sudut barat Kota Tuban” ujar Toger (26), salah satu pekerja saat ditemui jurnalberita.com, Minggu, (20/5/12).

Renovasi tiang lampu dengan hiasan batik gedok ini mendapatkan perhatian dan respon yang baik dari sejumlah masyarakat Tuban. Hal itu dikarenakan hal itu meruapakan salah satu upaya mempertahankan dan melestarikan nilai budaya dan seni.

“Ini merupakan warisan nenek moyang kita yang harus dilestarikan, terutama untuk mengenalkan kepada anak-anak muda di era modern seperti ini,” ujar Yanti (24), yang juga merupakan Guru PAUD, saat dimintai pendapatnya.

Diperkirakan, proyek ini akan rampung dalam waktu sebulan mendatang. (jbc18/jbc2)

3 comments on this post.
  1. supardi:

    kita tunggu icon apa yang akan diangkat dan direalisasikan oleh kepemimpinan HUDANOOR, yang paling tidak menjadi simbol untuk Tuban kedepan. jangan cuman copy-paste program2 sebelumnya

  2. wong ndeso:

    zaman pak hindarto ada cagar budaya mulai dari gowa & wisata relegi, zaman bu henny ada batik gedok yang mulai diangkat & pembangunan infrastruktur, trs sekarang HUDANUR apa ya?

  3. Rul:

    Semoga aja pemikiran dari pak HudaNoor yang BRILYAN bagi kemakmuran atau meningkatkan ekonomi masyarakat Tuban. Kita Tunggu aja …..?

Leave a comment





*