Ketidakhadiran Wajib eKTP Masih Relatif Tinggi

Pemkab masih mengupayakan bebas biaya saat eKTP regular. (foto:jbc15)

PACITAN (jurnalberita.com) – Tingkat ketidakhadiran warga (loosing) untuk mengurus elektronik KTP (eKTP) diprediksi masih relatif tinggi. Kasus tersebut diperkirakan bisa mencapai 10-20 persen dari total wajib KTP di Pacitan. Salah satu penyebabnya adalah, masih banyaknya wajib KTP yang merantau ke luar daerah serta manca negara sebagai TKW maupun TKI. Kondisi seperti inilah yang membuat pemkab setempat melalui instansi terkait harus lebih proaktif mengatasi permasalahan tersebut.

Selain faktor keakuratan data kependudukan, tertundanya pengurusan eKTP bagi sejumlah warga yang masih berada diparantuan tersebut, juga berkaitan erat dengan pembiayaan. Pasalnya, pemerintah pusat sementara waktu ini baru memberikan dispensasi bebas biaya untuk program eKTP Tahun 2012.

“Sementara untuk eKTP reguler yang dilaksanakan Tahun 2013, belum jelas ketentuannya. Apakah masih digratiskan atau dipungut biaya, belum ada kepastian,” kata Rachmad Dwiyanto, Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Pacitan, Jumat (25/5/2012).

Rachmad menyadari, biaya eKTP mulai dari pengadaan jaringan data hingga blangko-blangko isian data pemohon, sebenarnya memakan ongkos tidak sedikit. Sekalipun begitu, para wajib KTP yang jumlahnya mencapai 443.383, itu tidak dibebani biaya apapun. Sebab, imbuh dia, pemerintah telah mengalokasikan anggaran cukup besar hingga Rp 6,5 Triliun untuk program eKTP secara nasional.

“Namun persoalannya, bagaimana dengan wajib KTP yang belum bisa ikut program eKTP tahun ini? Padahal untuk eKTP reguler, belum ada kejelasan apakah juga digratiskan atau dikenai biaya,” ujar mantan Sekretaris Bappeda ini, dengan nada bertanya.

Karena itu, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin melakukan koordinasi dengan kementerian terkait (Kemendagri), agar program eKTP reguler Tahun 2013 nanti bisa digratiskan juga.

“Saat ini (Kemendagri) masih mengusulkan ke DPR. Kita berharap, usulan itu bisa disetujui. Sehingga wajib KTP yang belum berkesempatan ikut program eKTP tahun ini bisa ikut program (eKTP) reguler, tanpa dipungut biaya,” harapnya. (jbc15/jbc1)

Tags: , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site