Kontes Ayam Tertawa Nasional

GRESIK (jurnalberita.com) – Rupanya tidak hanya manusia saja yang bisa tertawa, hewanpun juga bisa melakukan aktivitas serupa. Seperti halnya seorang manusia ketika sedang senang atau gembira. Hewan tersebut adalah ayam ketawa. Ayam ketawa merupakan jenis ayam yang berasal dari daerah Sidrap Sulawesi Selatan.

Ternyata, di Gresik penggemar ayam jenis tersebut juga cukup banyak. Oleh karena itulah Minggu (6/5/2012), Komunitas Pecinta Ayam Ketawa (Kompak) mengadakan lomba ayam ketawa tingkat nasional. Dalam lomba yang digelar di lapangan PT Semen Gresik tersebut, para peserta memperebutkan piala Bupati Gresik.

Lomba yang terbagi dari beberapa kategori, diantaranya adalah jenis dangdut, slow, rajin bunyi, bahkan pemula itu, ternyata cukup banyak peminatnya, sekitar 200 peserta. Selain dari Gresik sendiri, para peserta daerahpun juga cukup banyak. Hampir mewakili seluruh daerah yang ada di Indonesia, diantaranya Makassar, Bogor, Solo dan Madura.

Ketua Kompak Gresik, Mukti Slamet mengatakan tujuan dari diadakannya lomba tersebut adalah untuk memfasilitasi masyarakat yang memiliki kegemaran untuk memelihara ayam ketawa. “Jadi ajang ini sekaligus bisa menjadi ajang silaturahim para penggemar ayam ketawa,” ucapnya.

Sda sebuah pemandangan unik dalam lomba tersebut. Selain mendengarkan kerasnya suara tertawa dari ayam yang ikut lomba, dalam kontes tersebut suara tertawa dari para pemilik jauh lebih keras daripada suara ayam mereka. Hal itu mereka lakukan untuk memancing supaya ayam mereka bisa tertawa dengan lebih keras dan menjadi pemenang dalam lomba tersebut. (jbc6/jbc1)

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site