PAN Jatim Mulai Jaring Caleg dan Persiapan Pilkada

\"\"

SURABAYA (jurnalberita.com) – Diam-diam, partai berlambang matahari putih berlatar biru ini, menata calon legislatif (Caleg) 2014 dan mempersiapkan pemenangan Pilkada tahun 2012-2013. “Kami baru menjaring dan mendata para personil partai yang berminat menjadi anggota Legislatif 2014-2019, selain itu mempersiapkan pula jago-jago unggulan untuk Pilkada di Jatim,” tutur Drs H Kuswijanto MSi, Ketua Fraksi PAN (Partai Amanat Nasional) di DPRD Jatim.

PAN Jatim yang sibuk mematangkan mesin politiknya, masih sempat menyongsong kehadiran tokoh nasional dari partai yang didirikan Prof. Dr. H. Amien Rais itu. Pertama struktur BM (Barisan Muda) PAN Jatim hampir tuntas, disusul pula Rakornas PAN 2012 di Jakarta dengan agenda utama pencapresan Ketua Umum PAN, H Hatta Rajasa yang dibarengi dengan persiapan laju mesin politiknya.

Sedangkan langkah kedua, hal yang cukup strategis adalah penjaringan peminat Caleg PAN 2014. Kini diperoleh data sementara sekitar 1.600 kader andalan PAN Jatim yang berminat sebagai anggota Legislatif di berbagai lapisan. “Caleg di kabupaten dan kota maupun Propinsi dan Pusat, sudah tuntas hari ini. Kendati para Caleg 2014 itu masih bersifat internal, bagi masyarakat umum akan dijaring pada bulan-bulan mendatang,” jelas Sekretaris PAN Jatim, Kuswijanto.

Menurut perhitungan dan proyeksi ke depan, PAN Jatim punya optimisme yang mendasari tata kinerja politik. Pileg dan Pilpres 2014 pun menjadi bagian motivasi untuk meningkatkan nilai perolehan suara yang sekaligus menambah jumlah kursi pada masing-masing Daerah Pemilihan (Dapil).

“Kalau di DPRD Jatim dalam dua periode ini memperoleh kursi sebanyak 7 buah. Perolehan itu diharapkan meningkat drastis sampai 12 kursi, atau minimal bertambah 3 kursi. Namun secara nasional, PAN akan masuk 5 besar setelah PD, PG, dan PDIP,” urai Kuswijanto yang duduk dua periode di DPRD Jatim ini.

Dijelaskan pula, penataan Caleg Internal PAN merupakan kerja taktis sebelum membuka peluang bagi masyarakat dan simpatisan PAN yang berminat menjadi anggota Legislatif pada 2014. Upaya ini untuk memberikan spirit dan apresiasi kepada para kader dan anggota PAN yang bekerja keras demi kemajuan partai.

“PAN termasuk partai terbuka, tapi rasional dan proporsional. Artinya, kader yang mumpuni dan pekerja keras akan diberi kesempatan lebih dulu sebagai apresiasi dari partai. Baru kemudian, pihak lain yang berminat dan bersimpati kepada PAN akan dibukakan pintu seluas-luasnya,” tambah Kuswijanto, sembari memerinci kriteria umum dalam menilai Caleg 2014 yang sifatnya normatif. Misalnya tingkat pendidikan, kemauan kerja, dan kerekatan sosial di mata masyarakat luas.

Khusus menyinggung soal Pilkada di Jatim yang berlangsung di tahun 2012 dan 2013 nanti, PAN Jatim pun berharap tetap menangguk kursi Bupati Bojonegoro yang kini diduduki H Suyoto, ketua PAN Jatim. Peluang kursi bupati lainnya, akan diperoleh dari Bangkalan yang kini di tangan KH. Fuad Amin dan dipoyeksikan anaknya yang juga Ketua PAN Bangkalan akan menggantikannya dengan dukungan total dari masyarakat setempat.

“Dari perebutan Pilkada di Jatim yang jumlahnya mencapai 13 buah itu, PAN Jatim akan mengkaji dulu kekuatan peta sosial dan politiknya dulu. Tetapi, kami optimis dalam periode ini akan memperoleh 3-4 kursi bupati atau walikota. Ya, kalau ternyata berpeluang di wakil atau hanya pendukung konkrit juga tak masalah, asalkan menang yang seperti dalam Pilgub Jatim 2008 kemarin,” pungkas Kuswijanto di depan wartawan. (jbc5/jbc1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*