Pelindo III Dukung Kelancaran Distribusi Pupuk

\"\"SURABAYA (jurnalberita.com) – Sekali lagi, PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) menunjukkan komitmennya dalam menyediakan jasa kepelabuhanan kepada para pengguna jasa. Kali ini komitmen tersebut ditunjukkan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) kepada PT Pupuk Indonesia (Persero) dalam mendukung kelancaran distribusi pupuk ke Kawasan Indonesia Timur. Komitmen PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) terhadap PT Pupuk Indonesia (Persero) tertuang dalam nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani kedua belah pihak, Senin (7/5/2012). Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan oleh Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero), Arifin Tasrif dan Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), Djarwo Surjanto, di Kantor Pusat PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Surabaya.

Kesepakatan kerjasama tersebut terkait dengan komitmen PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) dalam memberikan jasa Kepelabuhanan kepada PT Pupuk Indonesia (Persero), untuk menunjang kelancaran pemasaran dan distribusi pupuk ke wilayah Indonesia Timur. PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) memberikan jaminan ketersediaan tambatan di pelabuhan dengan Windows System kepada kapal pengangkut pupuk milik PT Pupuk Indonesia (Persero).

Bukan hanya itu saja, PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) juga siap dengan pelayanan jasa kepelabuhanan lainnya meliputi Pelayanan Jasa Kapal (Jasa Labuh, Pandu, Tunda, dan Tambat), Pelayanan Jasa Barang (jasa dermaga dan jasa lapangan penumpukan), Pelayanan Jasa Bongkar Muat Barang (Stevedoring, Cargodoring, Receiving/Delivery) dan Jasa Kepelabuhanan Lainnya (Pas Pelabuhan, Air Kapal, dan jasa terkait lainnya).

Dalam sambutannya, Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), Djarwo Surjanto mengatakan apa yang dilakukan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) merupakan wujud nyata dalam mendukung pembangunan di daerah. Menurutnya, peran pelabuhan sangat vital mengingat sebagian besar distribusi logistik di Indonesia menggunakan angkutan laut. Dengan demikian ketersediaan fasilitas baik berupa infrasturktur maupun peralatan, seta layanan yang baik di pelabuhan mutlak diperlukan guna memperlancar proses distribusi barang kepada masyarakat. Selain itu, kerjasama tersebut merupakan bentuk dari sinergi antar BUMN di Indonesia.

Ditempat yang sama, Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero), Arifin Tasrif, mengatakan bahwa sebagai perusahaan produsen sekaligus penyalur pupuk di Indonesia, PT Pupuk Indonesia (Persero) kini tengah berupaya untuk dapat menyalurkan produknya hingga ke seluruh penjuru tanah air, terutama di Kawasan Timur Indonesia. Hal tersebut dilakukan mengingat kelangkaan pupuk masih sering ditemui di sejumlah wilayah di Indonesia. Dengan meratanya distribusi pupuk di daerah, diharapkan dapat meringankan beban para petani sekaligus dapat meningkatkan hasil panen mereka.

Sementara itu, Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak, I Nyoman Gde Saputra mendukung rencana kerjasama yang dilakukan oleh PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) dengan PT Pupuk Indonesia (Persero). Pihaknya meminta kepada PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) untuk dapat menyediakan fasilitas bongkar muat sehingga target pembongkaran 5.000-10.000 ton/hari dapat tercapai. Nyoman juga mengingatkan kepada PT Pupuk Indonesia (Persero) untuk menyiapkan fasilitas pendukung berupa gudang dan angkutan distribusi.

PT Pupuk Indonesia (Persero) sendiri merupakan gabungan 5 BUMN penghasil pupuk yang terdiri dari PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT), PT Pupuk Sriwijaya (Pusri) Palembang, PT Petrokimia Gresik, PT Pupuk Kujang dan PT Pupuk Iskandar Muda (PIM). Perusahaan tersebut merupakan induk dari perusahaan pupuk di Indonesia dan diresmikan oleh Menteri Negara BUMN-Dahlan Iskan pada 18 April lalu. PT Pupuk Indonesia (Persero) menargetkan dapat melakukan distribusi pupuk sebanyak 600 ribu ton melalui Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Sebelumnya, PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) juga telah melakukan kerjasama dengan BUMN lainnya seperti PT Pertamina (Persero) terkait dengan pemanfaatan kapal tunda, serta pembentukan konsorsium bersama 7 (tujuh) BUMN untuk pembangunan Jalan Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa. (release/jbc1)

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,