Pemkab Tuban Anggarkan Rp 41,67 Miliar Untuk Perbaikan Jalan

\"\"

TUBAN (jurnalberita.com) – Anggaran perbaikan kerusakan jalan tahun 2012 di Kabupaten Tuban semakin meningkat hingga 92% dibanding dengan tahun 2011. Pada tahun 2011 dana rehabilitasi dan perbaikan jalan hanya dianggarkan senilai Rp 21,13 miliar, sedangkan kini di tahun 2012 meningkat menjadi Rp 41, 67 miliar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Tuban, Choliq Chunasich menyebutkan, peningkatan anggaran tersebut diikuti dengan peningkatan volume perbaikan jalan rusak di seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban. Menurut Choliq, tahun 2011 kegiatan rehabilitasi tercatat hanya sekitar 54,7 kilometer (km), sedangkan pada tahun 2012 volumenya bertambah menjadi sepanjang 79,49 km.

“Anggaran perbaikan jalan tahun 2012 ini memang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tahun 2011 lalu. Anggaran tahun ini meningkat sekitar Rp 20 miliar,” ujar Choliq saat dikonfirmasi jurnalberita.com, Selasa (22/5/2012).

Choliq Chunasich mengatakan, saat ini pihaknya tengah berkonsentrasi memantau perkembangan jalan di Kabupaten Tuban, guna mengetahui jalan yang perlu diperioritaskan perbaikannya terlebih dahulu.

“Jalan merupakan prioritas utama yang harus dibenahi untuk menunjang perekonomian, terutama pada jalan-jalan poros desa yang menghubungkan dengan Kecamatan. Dan hal tersebut sudah kami bicarakan dengan pemerintah kabupaten Tuban,” tambah Choliq.

Rehabilitasi dan perbaikan jalan rencananya akan dimulai pada jalan-jalan yang memiliki kerusakan berat, diantarannya jalan yang menghubungan Kecamatan Bancar dengan Jatirogo yang dianggarkan dana Rp 5 miliar dan jalan yang menghubungkan Kecamatan Plumpang dengan Compreng yang dianggarkan Rp 7 miliar.

Pada bagian lain, Choliq Chunasich menegaskan pentingnya menertibkan kendaraan dan angkutan bermuatan berat milik beberapa perusahaan industri agar jalan lebih awet. Salah satu caranya adalah membuat jalur khusus angkutan barang dengan menyesuaikan kelas jalan. Namun Choliq mengatakan hal itu akan dikoordinasikan dulu bersama intansi terkait, salah satunya Dinas Perhubungan.

Rencananya Dinas Pekerjaan Umum akan menargetkan rehabilitasi dan perbaikan jalan ini berlangsung selama empat bulan, yang akan dimulai pada awal Juni ini. (jbc18/jbc1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*