Perda TDUP Untungkan Pengusaha Pariwisata

Dra. Ernawati Nasution, MM.

PADANG PANJANG (jurnalberita.com) – Berkembangnya usaha pariwisata daerah, merupakan salah satu wujud kepedulian dan tanggungjawab pemerintah. Bukan hanya dibebankan kepada pengusaha itu sendiri.

Padang Panjang, yang kini menjadi salah satu daerah tujuan wisata di Sumatera Barat, tengah menggagas Rancang Peraturan Daerah (Ranperda ) terkait dengan pengaturan usaha pariwisata daerah.

“Kita sedang mengajukan Ranperda Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) tahun ini. Ranperda tersebut sudah masuk dalam Program Legislasi Daerah tahun 2012 pada catur wulan dua,” demikian disampaikan Ernawati Nasution, kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Porbudpar) Padang Panjang kepada jurnalberita.com, di ruang kerjanya, Rabu (16/5/2012).

Ernawati juga menjelaskan, Ranperda TDUP yang saat ini Naskah Akademiknya sedang dikerjasamakan dengan pihak ketiga itu, akan memberikan peluang pengembangan bagi pengusaha pariwisata ke depan. Dengan adanya peraturan tentang TDUP, nantinya usaha pariwisata akan berkembang sesuai dengan potensi dan peluang yang ada.

“Biasanya, tanpa ada aturan yang jelas terkait usaha pariwisata, tidak ada arah pengembangan yang jelas di daerah ini. Nantinya dengan adanya TDUP, kita dapat memberikan masukan kepada pengusaha untuk memilih usaha mana yang cocok dan masih punya peluang pengembangan. Jadi tidak akan ada lagi jenis usaha yang itu itu saja,” terangnya.

Sementara itu saat disinggung tentang Naskah Akademik yang menurutnya sedang dikerjasamakan dengan pihak ketiga, ia menjelaskan bahwa menurut Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011, mengamanatkan setiap pengajuan Ranperda disertai dengan Naskah Akademik.

“Dengan adanya Naskah Akademik, akan terlihat sejauh mana pelibatan kepentingan masyarakat dan pelibatan pemerintah dalam pembuatan sebuah peraturan. Karena dalam naskah akademik, ada kajian mendalam tentang hal-hal yang bersifat normatif dan penyelarasannya dengan praktek empiris,” imbuhnya. (jbc17/jbc1)

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site