Peringati Harkitnas, Pelajar NU Gelar Diklat Jurnalistik

Mufarrihul Hazin, Sekretaris Umum PC.IPNU Kota Malang, memberikan sambutan pada pembukaan diklat jurnalistik bagi pelajar. (foto : ist)

MALANG (jurnalberita.com) – Bertepatan dengan peringatan hari kebangkitan nasional, PC. IPNU-IPPPNU Kota Malang menyelenggarakan Diklat Jurnalistik selama dua hari di SMA Negeri 3 Malang, mulai tanggal 19 hingga 20 Mei lalu.

Diklat bertema “Dengan Pena, Merubah Dunia, Bangkit Generasi Muda” ini merupakan wujud kepedulian organisasi yang bergerak di bidang keterpelajaran dan pendidikan ini, terhadap minat dan  bakat pelajar, khususnya pelajar Nahdliyyin.

“Tema tersebut diambil dan diharapkan agar para pelajar dan generasi muda bangkit dan bangun, walaupun hanya dengan sebuah pena untuk merubah dunia” tutur Farih, Sekretaris Umum PC.IPNU Kota Malang pada acara pembukaan.

Empat materi utama disajikan dalam diklat kali ini, yaitu pengenalan dunia jurnalistik, teknik penulisan artikel, teknik wawancara – investigasi dan teknik penulisan berita. Materi tersebut diberikan para pemateri yang handal dan berkecimpung dalam dunia jurnalistik. Mereka diantaranya, Mahmudi Muchit, Redaktur Malang Post dan Angga Teguh, Redaktur Koran Pendidikan.

Kegiatan tersebut dibagi menjadi 2 sesi setiap materi yaitu, teori dan praktik. Bahkan, para peserta diklat diberi tugas untuk menulis opini tentang Kebangkitan Nasional yang dilombakan. Dan penulis opini terbaik adalah Sutra Wardatul Jannnah dari MA Negeri 3 Malang.

Kegiatn yang diikuti sekitar 41 pelajar utusan dari 14 Sekolah Tingkat SMA, baik negeri dan swasta se-Kota Malang ini berjalan dengan lancar, sukses dan meriah. Pada diklat kali ini juga terbentuk sebuah komunitas yang diberi nama “Komunitas Dunia PENA” dan memilih 1 Ketua Alumni, Fikra dari SMA Negeri 3 Malang.

Kominitas ini memiliki 5 progam diantaranya adalah Pembuatan Majalah Pelajar NU, Pengaktifan Website, Komunitas Dunia PENA serta beberapa program lainnya. (jbc2/ipnu)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site