Puluhan Siswa SMKN 2 Pacitan Lolos PMDK

\"\"

PACITAN (jurnalberita.com) – Sedikitnya sebanyak 14 siswa miskin dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Kabupaten Pacitan, diterima sebagai calon mahasiswa baru di sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur PMDK. Puluhan siswa berprestasi tersebut berasal dari sejumlah jurusan. Seperti Agribisnis Perikanan (API) sebanyak 6 siswa, Akomodasi Perhotelan (APH) 1 siswa, Administrasi Perkantoran (APK) 3 siswa, Akuntansi (AK) 3 siswa, dan jurusan Pemasaran (PM) sebanyak 1 siswa. “Mereka siswa-siswi berprestasi. Selain itu latar belakang keluarganya memang dari kalangan kurang mampu,” ujar Sukarni, Kepala Unit Pelaksana Tehnis (Ka. UPT) SMKN 2 Pacitan, saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Selasa (29/5/2012).

Sukarni menambahkan, puluhan siswa didiknya yang lolos diterima di PTN baik dari jalur bidik misi maupun undangan, itu sebelumnya telah melalui seleksi sangat ketat. Mekanisme penjaringannya, menurut Karni, begitu Sukarni akrab disapa, dilakukan dengan memperhatikan peringkat nilai raport  sejak semester I hingga semester V. Dari hasil seleksi tersebut akhirnya terjaring 11 siswa yang diterima sebagai calon mahasiswa baru di sejumlah PTN melalui jalur bidik misi. Pun 3 siswa lainnya, lolos lewat jalur undangan. “Mereka diterima di sejumlah PTN. Seperti Unesa, Unair, UGM, Universitas Ganesha, dan IPB,” jelasnya pada wartawan.

Karni mengakui lolosnya puluhan siswa dalam program bidik misi maupun undangan itu, tidak terlepas dari peran semua guru disekolah yang pernah dijadikan rintisan sebagai SMK model (community college) oleh Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan (Kemendikbud) tersebut. Meski tidak ditampik, pada tahun ajaran 2011/2012 ini, didapati dua siswa yang tidak lulus ujian. Meski begitu, kondisi tersebut bukan disebabkan kesalahan dari pihak sekolah.

“Kami sudah berupaya maksimal melakukan pembinaan terhadap dua siswa tersebut. Namun pada akhirnya mereka tetap saja tidak lulus, karena dinilai tidak layak. Bukan dari faktor prestasi akademisnya, namun karena terlibat sejumlah pelanggaran yang tidak bisa ditolerir,” tegas mantan guru Akuntansi itu. (jbc15/jbc1)

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

3 Responses

  1. Selamat, yo Nak. Selamat yo Pak dan Bu Gurunya.
    Kita antar generasi Pacitan menuju kesuksesan. Lemah teles, Gusti Alloh sing mBales jasamu.

  2. Tahun depan tergetkan ke UI, YO Pak Guru. Mumpung iso disokong negoro.dan jalin dengan alumni yang sudah sukses

  3. majulah smkn 2 pscitan.. tunjukan pada sluruh penjuru kota bahwa skolah di pacitan bisa mencetak bibit bangsa yg brkhualitas. khususnya smkn 2 pacitan yg sebentarlagi menjadi skolah model. yang tak mudah mendapatkan sekolah green school dan sekolah percontohan yang di indonesia ada sepuluh sekolah dan smkn 2 pacitan lah salah satunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*