Puskesmas Kerek Tuban Direncanakan Memiliki Rawat Inap

Puskesmas Kerek Tuban. (foto:jbc18)

TUBAN (jurnalberita.com) – Tak lama lagi Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban akan memiliki Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Rawat Inap. Status Puskesmas Rawat Jalan yang saat ini dimiliki Puskesmas Kerek, akan segera diusulkan menjadi Puskesmas rawat inap, hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan, Dr. Saiful Hadi saat dikonfirmasi jurnalberita.com, Selasa (22/5/2012)

Perlunya peningkatan status puskesmas Kecamatan Kerek menjadi puskesmas rawat inap, dengan pertimbangan puskesmas tersebut mempunyai wilayah penduduk yang sangat banyak dan lokasinya cukup jauh dari Rumah Sakit rujukan. “ini semua dilakukan agar lebih efektif apabila ada warga yang sakit dan memungkinkan untuk dirawat inap di Puskesmas tersebut,” ujar Saiful.

Informasi yang diperoleh jurnalberita.com dari Dinas Kesehatan, pada tahun 2012 ini Kabupaten Tuban telah memiliki 6 unit Puskesmas Rawat Inap. Semua Puskesmas itu tersebar di 20 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban, yaitu Puskesmas Tambak Boyo, Jatirogo, Bangilan,  Montong, Rengel dan Plumpang. Puskesmas rawat inap ini didirikan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat secara intensif.

“Setelah kita selesai menggarap Puskesmas Kerek, ke depannya kita juga akan mengusulkan Puskesmas Soko, Puskesmas Bulu dan Puskesmas Singgahan. Tapi penetapannya tergantung ketersediaan jumlah tenaga dan tentunya anggaran dana yang disediakan oleh pemerintah,” tambah Saiful.

Keberadaan puskemas rawat inap sangat penting untuk memberikan pelayanan kesehatan secara optimal bagi masyarakat sekitar yang memerlukan perawatan secara medis dan juga untuk meningkatkan fasilitas kesehatan serta pendapatan bagi daerah. Untuk tenaga medis di Puskesmas rawat inap tersebut, jumlahnya nanti disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat atau berdasarkan jumlah kunjungan pasien.

“Kita targetkan tahun depan Puskemas di  Kecamatan Kerek menjadi Puskesmas Rawat Inap, sehingga pelayanan kesehatan masyarakatnya lebih meningkat dan lebih baik,” pungkas Saiful. (jbc18/jbc1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site