BPBD Padang Panjang Bentuk Satgas Penanggulangan Bencana Kelurahan

\"Drs.PADANG PANJANG (jurnalberita.com) – Padang Panjang yang rentan terdampak bencana, terutama gempa bumi dan letusan gunung api terus berbenah. Dengan dibentuknya Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota setahun lalu, upaya antisipasi dampak bencana terus dilakukan.

“Kehadiran BPBD di kota ini tentunya akan berdampak positif bagi masyarakat saat terjadi bencana. Beragam program penanggulangan bencana yang sedang dibahas BPBD Kota merupakan bentuk partisipasi dan tanggungjawab pemerintah dalam melindungi masyarakat,” demikian disampaikan Drs. Suarmin, kepala Bidang Kedaruratan BPBD Padang Panjang kepada jurnalberita.com, Kamis (21/6/12).

Menurut Suarmin, pihaknya saat ini tengah melakukan upaya sosialisasi lembaga BPBD itu sendiri serta membentuk Satuan Tugas (Satgas) tingkat Kelurahan di wilayah kerjanya. Hal itu merupakan target yang harus tercapai dalam tahun ini.

“Setiap kelurahan yang ada di Padang Panjang kita bentuk Satgas Penanggulangan Bencana. Nantinya Satgas tersebut akan menginduk langsung pada Pusat Kendali Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops-PB) Kota,” demikian ujarnya.

Tokoh setengah tua yang sangat akrab dengan seluruh lapisan masyarakat itu juga menambahkan, bahwa saat ini sudah 12 kelurahan yang dibentuk Satgas PB nya, tinggal 4 kelurahan lagi yang akan dibentuk dalam waktu dekat.

“Nantinya, seiring dengan penyusunan Protap Penanggulangan Bencana Daerah yang sedang digarap oleh tim, akan segera kita bentuk Tim Reaksi Cepat (TRC) Kaji Bencana dan TRC Evakuasi dan Penyelamatan,” terangnya.

Padang Panjang memang memerlukan program penanggulangan bencana yang matang. Hal itu tidak terlepas dari letak daerah yang dilalui oleh patahan Semangka yang membelah pulau Sumatera. Begitu juga dengan keberadaan 3 gunung berapi yang mungkin saja setiap saat mengancam keselamatan warga bila meletus. (jbc17/jbc1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*