Calon Kepala Daerah Perlu Uji Publik

\"\"

PADANG PANJANG (jurnalberita.com) – Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kota Padang Panjang setahun lagi. Siapakah yang akan melanjutkan kepemimpinan Suir Syam – Edwin mulai marak diperbincangkan.

Pro dan kontra mulai terlihat di tengah masyarakat. Mulai dari penilaian terhadap keberhasilan pasangan Suir Syam – Edwin yang sudah empat tahun memimpin kota berjuluk Serambi Mekah ini, sampai pentingnya pencerdasan warga dan pemilih menuju Pemilukada mendatang.

Rifnaldi, Menejer Humas Lembaga Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati menyatakan sepakat dengan apa yang berkembang di tengah masyarakat saat ini.

“Kandidat kepala daerah saat ini perlu diuji di depan publik, setidaknya dengan begitu akan terlihat sejauh mana kepedulian mereka terhadap pembangunan kota dan masyarakat saat mereka terpilih nanti,” ujarnya kepada jurnalberita.com, Sabtu (2/6/12).

Lebih lanjut pria yang tengah sibuk dengan aktivitas lembaga yang dibinanya ini mengatakan, uji publik yang dimaksudnya bukanlah uji publik yang terlalu formal, tapi lebih kepada program pertemuan secara bersama masing-masing kandidat yang berniat maju di Pemilukada tahun depan.

“Cukup dengan penjadwalan sekali sebulan atau dua bulan, dilaksanakan diskusi secara terpandu oleh lembaga netral. Masing-masing person yang berniat maju diundang untuk ikut berdiskusi dengan elemen warga yang tentunya terbatas. Disanalah para bakal calon menyampaikan pokok-pokok pikirannya secara terbuka,” imbuhnya.

Namun ia juga mengingatkan, kegiatan diskusi terbuka itu kuncinya harus dilaksanakan oleh lembaga netral agar tidak terjadi persoalan yang bisa mengacau sistim Pemilukada.

“Perlu diperhatikan  topik dan materi diskusi yang akan dibahas. Juga  orang yang memandu jalannya diskusi haruslah orang netral dan pandai mengatur ritme diskusi agar tidak melebar dan menimbulkan masalah komunikasi antara bakal calon,” tegasnya. (jbc16/jbc2)

Tags: 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*