Gus Ipul Resmikan Pembukaan Pergama VII Tuban

\"\"

TUBAN (jurnalberita.com) – Wakil Gubernur Jawa Timur, H Syaifullah Yusuf selaku Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jatim, membuka secara resmi Perkemahan Penggalang Ma’arif NU Jawa Timur (PERGAMA) VII di alun-alun Kabupaten Tuban, Sabtu (30/6/12).

Pembukaan Pergama VII 2012 yang diikuti sekitar 2.440 penggalang gugus depan yang berpangkalan pada 250 dari SMP dan MTs itu juga dihadiri Rais Syuriah PWNU Jatim KH Miftakhul Akhyar, Ketua PWNU Jatim KH. Mutawakkil, Ketua PW LP Ma’arif NU Jatim Dr Ahmad Muzakki, Bupati Tuban H Fatkhul Huda, Wakil Bupati Tuban Ir Nor Nahar Husain dan Ketua PC LP Ma’arif NU Tuban H Mahfud MD, serta beberapa pengurus LP Ma’arif NU Tuban.

Dalam pembukaan Pergama tersebut, Gus Ipul bertugas sebagai pemimpin upacara sekaligus meresmikan pembukaan Pergama yang akan diselenggarakan di Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Tuban, komplek STIT Makhdum Ibrahim Tuban, mulai Sabtu 30 Juni hingga 3 Juli 2012.

Dalam sambutannya Gus Ipul mengatakan, bahwa pramuka itu mengajarkan sesuatu yang sangat penting, yaitu rasa kebersamaan, menghargai antar sesama, rasa saling memiliki, serta menumbuhkan rasa kegotongroyongan yang akhir-akhir ini mulai memudar.

Gus Ipul juga menyampaikan, kegiatan pramuka itu merupakan kegiatan belajar antara rumah dan sekolah. Di Sekolah siswa dibimbing oleh para guru, di rumah para siswa dibimbing oleh kedua orang tua mereka, dan antara sekolah dan rumah inilah Pramuka berperan.

“Kenakalan remaja, minum-minuman keras, penggunaan narkoba dan lain sebagainya, itu semuanya dilakukan oleh anak-anak diantara sekolah dan rumah. Sehingga untuk mencegah itu semua, Pramukalah yang berperan,” ujar Gus Ipul dalam sambutanya.

Pergama merupakan kegiatan kepramukaan yang diagendakan 4 tahun sekali oleh LP Ma’arif ini sebagai wadah untuk kegiatan kreatif, rekreatif, dan edukatif dengan mengambil tema ‘Kita Mantapkan Jalinan Ukhuwah Sesama Penggalang LP Ma’arif NU Jatim’ sebagai tujuan untuk memberikan kesempatan kepada penggalang untuk berkiprah di tingkat Provinsi.

Wakil Ketua PW LP Ma’arif NU Jatim, Drs HM Faqih Arifin kepada jurnalberita.com menyatakan, kegiatan Pergama ini merupakan kegiatan wajib PW LP Ma’arif Jatim, sebagai ajang silaturrahim Ma’arif se Jatim.

“Selain mengisi waktu liburan sekolah, kegiatan ini juga sebagai pembinaan mental dan spiritual siswa-siswi, serta sebagai wadah silaturrahim LP Ma’rif se Jawa Timur ini,” terang Faqih Arifin. (jbc18/jbc1)

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

One Response

  1. tolong untuk peergama yang akan datang, juknis dan juklak lebih diperjelas.
    Dan untuk pemilihan dewan juri tolong lebih selektif, bila perlu disumpah sekalian biar lebih sportif.
    Selamat untuk Pergama VII karena kegiatannya rancu (kegiatan tidak jelas waktunya/ sak karepe panitiane dewe)
    ganok sportife blas …

    jangan marah, ini sekedar saran dan komen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*