Harga Kebutuhan Pokok Mulai Melonjak

\"\"MALANG (jurnalberita.com) – Harga sejumlah bahan kebutuhan pokok mulai melonjak sejak beberapa pekan terakhir, seiring meningkatnya permintaan menjelang bulan puasa.

Kenaikan harga terjadi pada gula kristal putih (GKP), cabai merah dan daging ayam broiler. Berdasarkan survei yang dilakukan Kementerian Perdagangan, harga rata-rata gula kristal putih pekan lalu mencapai Rp 12.792 per kg atau naik Rp 1.000 dari posisi awal Juni.

Harga cabai merah keriting juga melesat ke kisaran Rp 27.600 per kg pekan lalu, bahkan sebelumnya sempat melampaui Rp 28.000, padahal pada awal bulan masih sekitar Rp 22.000 per kg. Demikian pula dengan daging ayam broiler yang mencapai Rp 25.300 per kg, padahal pada awal bulan masih sekitar Rp 24.500 per kg.

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Gunaryo mengatakan, selain karena produksi gula dalam negeri yang belum banyak, kenaikan harga bahan pemanis itu juga disebabkan oleh permintaan industri makanan dan minuman yang ikut meninggi menjelang Ramadhan. Menurutnya, industri makanan dan minuman yang biasanya menyerap gula rafinasi kini juga mengincar gula lokal untuk mengamankan stok menjelang bulan puasa dan lebaran.

“Menjelang lebaran, produksi industri makanan dan minuman meningkat. Sehingga mereka harus save (gula) dalam jumlah yang cukup. Itu yang membuat gula lokal naik. Jadi, kejar-kejaran (dengan pemenuhan kebutuhan masyarakat),” ujarnya.

Dari sisi produksi, Gunaryo menuturkan realisasi giling hingga akhir Juni ini memang tidak sebaik periode sama tahun lalu. Akibatnya, harga lelang menanjak ke level Rp 11.000 per kg. (kmc/jbc1)

Tags: , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*