IPNU-IPPNU Malang Gelar Workshop MOS Berbasis Karakter

\"\"MALANG (jurnalberita.com) – Setelah menerbitkan buku pedoman Masa Orientasi Pelajar Berbasis Karakter, IPNU-IPPNU Kota Malang menggelar kegiatan Workshop ‘Masa Orientasi Pelajar Berbasis Karakter’ yang diselenggarakan oleh Student Crisis Center (SCC) PC. IPNU-IPPNU Kota Malang bertempat di Yayasan Pendidikan Islam Shalahudin Malang, Minggu (17/6/12).

Workshop MOP-BK yang dimulai pukul 07.30 ini dihadiri oleh MAPENDA Kementerian Agama Kota Malang Drs. Muhtar Hazawawi M.Ag , Wakil Ketua PCNU Kota Malang Moch. Syafi’ dan dari Yayasan Pendidikan Islam Shalahudin Drs. Romelan.

Dalam pembukaan Moch. Syafi’ menyampaikan, “Karakter adalah cermin dari suatu bangsa, saat ini bangsa indonesia sedang mengalami krisis moral dan karakter, maka banyak muncul koruptor, pergaulan bebas dan lain sebagainya. Maka MOP-Berbasis Karakter adalah suatu proses untuk untuk menjadikan indonesia lebih bermartabat”.

Materi pertama disampaikan oleh MAPENDA Kemenag Kota Malang. “MOP adalah kegitan pertama pelajar baru yang masuk di sebuah lembaga pendidikan. Maka masa orientasi harus dilakukan dengan hal-hal yang positif dan memiliki nilai karakter bukan ajang balas dendam senior ke junior,” terang Drs. Muhtar Hazawawi M.Ag .

Acara dilanjutkan dengan dengan membahas tuntas buku pedoman MOP-BK oleh Mufarrihul Hazin dari SCC PW IPNU Jawa Timur. Menurutnya MOP-BK harus dilaksanakan dengan memperhatikan 7 Prinsip dan Trilogi Pelaksanaan, yaitu padat, menyenangkan dan ketagihan,” tutur Farih, panggilan akrab Mufarrihul Hazin.

Workshop yang diikuti oleh +126 Pelajar SMP/MTs, SMA/Sederajat se-Kota Malang ini, ditutup dengan praktik pengelolaan MOP-BK serta simulasi beberapa game/ permainan yang menyenangkan dan memiliki nilai karakter.

Ach. Fauzi Has, koordinator SCC IPNU Kota Malang berharap workshop ini dijadikan sebuah pedoman dilaksanakannya MOP di sekolah masing-masing. (*/jbc1)

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*