Karya Jurnalistik Jadi Sarana Pendorong Kemajuan Industri Semen

SURABAYA (jurnalberita.com) –  PT Semen Gresik (Persero) Tbk (Perseroan) menggelar lomba jurnalistik berupa karya tulis dan fotografi bagi wartawan di seluruh tanah air. Lomba ini digelar dalam rangka menyambut ulang tahun PT Semen Gresik (SG) ke-55 yang jatuh pada 7 Agustus 2012 mendatang, dengan total hadiah sebesar Rp 130 juta bagi para pemenang lomba.

Lomba bertajuk ’Semen Gresik Adhicipta Mediatama’ ini bertemakan ’Semen Gresik Ramah Lingkungan’. Para peserta bisa merangkai tema tersebut ke dalam beragam pembahasan, mulai dari kinerja korporasi, inovasi di bidang proses produksi, financial, pengelolaan lingkungan, Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL), kontribusi Grup Semen Gresik terhadap pembangunan nasional, hingga peta persaingan di industri semen. Peserta bisa merangkai kiprah Grup Semen Gresik dengan memadukan semua perusahaan di lingkungan grup, yaitu Semen Gresik, Semen Tonasa, dan Semen Padang.

Sekretaris Perusahaan Perseroan, Agung Wiharto, mengatakan, lomba karya jurnalistik ini diharapkan bisa menjadi sarana untuk mendorong kemajuan industri semen. ”Lewat karya jurnalistik, baik berupa tulisan maupun foto, diharapkan bisa timbul inspirasi dan imajinasi baru untuk mengembangkan Grup Semen Gresik di masa mendatang. Karena itu, karya jurnalistik yang akan dilombakan tidak hanya berisi pujian terhadap perusahaan, tapi juga mampu memberi masukan dan kritik yang konstruktif bagi pengembangan perusahaan,” terang Agung Wiharto, Selasa (19/6/12).

”Sebagai industri primer yang menjadi kunci pertumbuhan ekonomi, industri semen membutuhkan banyak input dan kritik yang konstruktif. Dalam hal ini, media massa berperan penting sebagai pihak yang bisa secara independen memberikan masukan berharga bagi Grup Semen Gresik. Kami bangga bisa menyelenggarakan lomba ini,” ujarnya.

Agung menuturkan, kehadiran media massa dalam kehidupan publik sangatlah penting. Tingkat kepercayaan publik ke media massa masih sangat tinggi. Berdasarkan survei Edelman Trust Barometer 2012 di 25 negara yang melibatkan 30.000 responden, tingkat kepercayaan publik Indonesia kepada media mencapai 80 persen, melampaui rerata kepercayaan publik dunia dan Asia Pasifik kepada media yang masing-masing hanya 63 persen dan 53 persen.

Dalam konteks ini, karya jurnalistik tentang Grup Semen Gresik bisa menjadi sarana diskursus di masyarakat untuk bisa menelurkan gagasan baru pengembangan perusahaan. ”Melalui karya jurnalistik yang telah ditayangkan di berbagai media massa, perusahaan ingin agar masyarakat bisa semakin memberi perhatian dan merasa memiliki terhadap Grup Semen Gresik,” kata Agung.

Dalam pelaksanaannya, lomba karya jurnalistik ini bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur. Dengan menggandeng organisasi profesi ini, pelaksanaan lomba diharapkan bisa lebih profesional dan akuntabel. ”Kami akan menyosialisasikan lomba ini melalui iklan di media massa dan berbagai sarana komunikasi lain, termasuk forum di internet dan social media. (rilis/jbc1)

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site