Keramik Dinoyo Tak Hilang Meski Ditelan Jaman

Sentra keramik Dinoyo. (foto:ist)

MALANG (jurnalberita.com) – Dinoyo adalah nama sebuah kelurahan di wilayah Kecamatan Lowokwaru, Malang, Jawa Timur. Konon, kelurahan ini diperkirakan merupakan pusat dari kerajaan Kanjuruhan, di mana salah satu raja terkenalnya bernama Gajayana. Di daerah ini juga pernah ditemukan 2 prasasti yang berkenaan dengan kerajaan Kanjuruhan.

Dinoyo, selain salah satu pusat pendidikan kampus, juga merupakan penghasil keramik yang dikenal dengan keramik Dinoyo. Sentra usaha keramik Dinoyo terletak di RW 03, atau sepanjang Jl MT Haryono Gang 9-11, yang sudah eksis sejak 1957.

Awalnya daerah ini merupakan lingkungan persawahan, hingga terbentuk sebagai sentra gerabah dan memproduksi perlengkapan rumah tangga. Melihat perkembangan keramik Cina, pengrajin asal Dinoyo kemudian mengembangkan keramik semi porselen hingga namanya terus dikenal hingga kini. Karakter khas keramik cinderamata terletak pada warna dan desain natural. Bentuk dan fungsinyapun bervariasi, seperti vas bunga, tempat garam dan merica, tempat kartu nama, aneka suvenir, wadah aromaterapi, tempat lilin dan lainnya.

Bagi para penggemar barang-barang kerajinan, jika singgah di kota Malang, jangan lupa mampir dan melihat sentra kerajinan keramik yang terletak di Dinoyo ini. Di sepanjang ini, Anda dapat menemukan berjajar stan di rumah-rumah yang menjajakan hasil kerajinan-kerajinan keramik tersebut. Mulai barang terkecil, seperti berbagai macam souvenir dan cinderamata, hingga barang-barang besar, seperti vas bunga dan berbagai macam hiasan-hiasan yang dapat dipajang di rumah. (wmc/jbc1)

Tags: , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site