Pamekasan Borong Juara Lomba Desain Batik

\"\"

SURABAYA (jurnalberita.com) - Para pembatik dari Pamekasan mendominasi juara dalam Lomba Desain Batik Tulis Jatim ke VII Tahun 2012, yang pemenangnya diumumkan hari ini, Rabu (6/6/12).

Dari 15 pemenang di 3 kategori lomba yang diselenggarakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi  Jawa Timur ini, 5 di antaranya berasal dari kabupaten di Pulau Madura, yakni 4 orang untuk kategori umum/mahasiswa dan satunya kategori pelajar.

Lomba Desain Batik Tulis Jatim ini diselenggarakan Disperindag Provinsi Jatim tiap tahun. Dan tahun ini, lomba yang  mengambil tema “Menggali potensi daerah melalui lomba desain batik dalam rangka mengembangkan kekayaan motif batik Jawa Timur” merupakan lomba yang ketujuh kalinya dan terbagi 3 kategori, yakni umum/ mahasiswa, guru, dan pelajar.

Pada kategori Umum/ Mahasiswa, Pamekasan cukup mendominasi dengan meraih 4 juara sekaligus. Untuk Juara I diraih Hosniah dengan judul karyanya Ayam Meteor, Juara II direbut Hadi dengan judul karya Lereng Terang Bulan, Juara III Miskiyah dengan Motif Buketan Rebbe Oleng – Bedung, dan Juara Harapan I dimenangkan Rusydi  dengan judul Pamekasan Hokokai.

Satu-satunya  juara yang lepas dari Pamekasan adalah Juara Harapan II yang direbut Abdurahman dari Bangkalan dengan judul Burung Laut.  Untuk kategori guru, tak satu pun wakil dari Pamekasan yang menjadi menang.

Kategori ini, Juara I disabet Slamet Rianto SPd dari Tulungagung dengan judul karya Jaran Kore I, Juara II diraih Umiyati SPd, asal Lamongan dengan judul Bekisar Ron Siwalan dan  Juara III direbut Lina Mardiana SPd dari Kota Probolinggo dengan judul Kirana.

Sementara Harapan I kategori ini diperoleh Ilyatul Jamilah SPd asal Kabupaten Sidoarjo  dengan judul Dasa Muka Tali Sembada, dan Harapan II diraih Drs Slamet dari Kota Blitar dengan judul Sekar Tanjung Rinakit.

Pamekasan menambah daftar pemenang untuk kategori pelajar yang dipersembahkan  Rahmat Hidayat. Dengan karyanya yang berjudul Taman Laut, pelajar SMA Negeri 3 Pamekasan ini meraih Juara II.

Juara I kategori ini, diraih Muhammad Mahrus, pelajar SMP Negeri 1 Sumberasih, Probilinggo. Sedang Juara III, diraih Raditya Yogiswara Yoga, siswa SMP Negeri 1 Blitar. Untuk Juara Harapan I dan Harapan II, masing-masing diraih Ika Ayu Fitri dari SMK Negeri 11 Surabaya, dan Lovelyta Syntia Putri dari SMA Negeri 1 Mejayan, Kabupaten Madiun. (jbc7/jbc2)

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*