Pelabuhan Benoa Sibuk Benahi Infrastruktur

Iwan Sabatini, GM Pelabuhan Benoa. (ist)

BENOA (jurnalberita.com) – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Benoa, Bali terus  membenahi infrastruktur agar menjadi pelabuhan kapal pesiar (cruise) berstandar internasional.

“Kami sekarang sedang melakukan pendalaman kolam dan alur serta memperpanjang dermaga untuk sandarnya kapal-kapal berukur besar dan panjang,” kata Iwan Sabatini, General Manager PT Pelindo III Benoa, saat dihubungi lewat ponsel, Jumat (8/6/12) pagi.

Dijelaskannya, dermaga yang panjangnya 300 meter akan diperpanjang jadi 340 meter, dan kolam yang kedalamannya cuma minus 9 meter akan diperdalam jadi 12 meter.  “Ini kami lakukan supaya dermaga siap disandari kapal besar yang rata-rata panjangnya 300 meter lebih,” kata Iwan.

Ia mengungkapkan, trend wisatawan asing ke Bali melalui Pelabuhan Benoa terus meningkat, dan  kapal-kapal cruise yang datang juga semakin besar dan panjang. “Karena itu kami mengantisipasinya dengan pembenahan ini,” tandas mantan Kahumas PT Pelindo III ini.

Ditegaskannya pula, komitmen untuk terus berbenah meningkatkan infrastruktur dermaga dan sarana tak lain untuk menyambut kedatangan kapal-kapal pesiar berukuran besar yang membawa ribuan wisatawan ke Pulau Dewata.

Namun demikian, penataan lingkungan di sekitarnya juga diperhatikan. “Dengan menjadi pelabuhan kapal pesiar, kami terus melakukan penataan kawasan pelabuhan secara bertahap sehingga menjadi pelabuhan cruise berstandar internasional,” tandasnya.

Iwan menargetkan, tahun depan perpanjangan dan pendalaman kolam serta alur sudah selesai. “Insya Allah tahun depan sudah selesai,” ucapnya, sembari mengungkapkan optimismenya bila target kunjungan 38 – 40 cruise tahun ini akan terlampaui. (jbc2/jbc19)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site