Pemko Alokasikan Dana Bantu UMKM

Reflis MTP. (jbc17)

PADANG PANJANG (jurnalberita.com) - Pengusaha Kecil dan Menengah patut berbangga. Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Perindustrian dan Perdagangan Kota Padang Panjang mengalokasikan dana sebesar Rp 473 juta guna membantu mereka.

Dana bantuan yang akan diberikan itu, dialokasikan melalui anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Padang Panjang yang sudah melalui persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat untuk Tahun Anggaran 2012.

“Bantuan  itu merupakan bentuk perhatian Pemerintah Kota Padang Panjang terhadap pelaku usaha yang selama ini kesulitan dalam permodalan,” kata  Reflis, kepala Dinas KUMKM-Perindag kepada jurnalberita.com.

Diharapkan, dengan adanya bantuan ini bisa membantu UKM dalam pengembangan usahanya, baik  lokal maupun luar daerah. Dana itu, menurutnya, akan dibagikan kepada 100 orang penerima yang memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan.

Ia juga menjelaskan, besaran yang diterima UKM itu bervariasi satu dengan yang lain, sesuai dengan tingkat kebutuhan, sehingga bantuan itu efektif dan efisien. “Untuk besarannya berkisar Rp1,5 juta sampai Rp 4 juta bagi masing-masing penerima sesuai dengan tingkat kebutuhan,” katanya.

Untuk mendapatkan dana bantuan itu, ungkapnya, pengusaha UKM terlebih dahulu memenuhi persyaratan seperti  memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Padang Panjang, membuat proposal dan memiliki usaha dengan bukti surat keterangan usaha terkait.

Meski sudah mengajukan proposal dan melengkapi sejumlah persyaratan lainnya, dana itu tidak langsung didapat karena melalui beberapa proses. Salah satu  proses yang dilalui sampai dana itu cair adalah dengan meninjau lokasi pelaku usaha sesuai dengan yang tertera di proposal pengajuan bantuan.

“Setelah syarat dilengkapi kita akan meninjau langsung ke lokasi pelaku usaha, apakah benar adanya atau tidak, sehingga bantuan itu betul-betul dimanfaatkan sesuai peruntukannya,” tegasnya. (jbc17/jbc2)

Subscribe to Comments RSS Feed in this post

One Response

  1. mohon bantuannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site