Program Minapolitan Masih Terkendala Infrastruktur

\"\"

PACITAN (jurnalberita.com) – Program minopolitan yang pernah digulirkan pemerintah pusat, sepertinya masih banyak menemui kendala. Umumnya ketersediaan sarana infrastruktur yang ada di pelabuhan. Kondisi semacam ini, sebagaimana terjadi di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tamperan, Kabupaten Pacitan. Sejumlah sarana serta fasilitas penunjang di pelabuhan yang pernah diresmikan Presiden SBY pada Tahun 2006 tersebut belum begitu memadai. Pun pencapaian hasil tangkapan ikan juga belum memenuhi target sebagaimana yang diharapkan.

Bupati Pacitan, H Indartato mengungkapkan, kendala infrastruktur lainnya seperti belum tersedianya dermaga sandar kapal. Hal tersebut selain disebabkan pendangkalan akibat tingginya sedimentasi, juga brakewater yang tersedia belum mampu menangkis seandainya terjadi gelombang pasang. “Sarana penunjang jalan menuju dan keluar pelabuhan, juga belum memadai,” kata Indartato, Selasa (26/6/12).

Sarana akses jalan yang terlampau sempit ditambah lagi banyaknya tikungan tajam, mempersulit lalu lintas kendaraan pengangkut ikan yang keluar masuk pelabuhan. Jalur distribusi itu terutama yang menghubungkan antara Kabupaten Pacitan-Ponorogo, serta Pacitan-Yogyakarta.

Diakui bupati, sampai detik ini kedua jalur antar provinsi itu kondisinya masih sempit dan banyak tikungan tajam. Berbeda lagi jalur Pacitan-Surakarta yang menurut Indartato, sudah relatif memadai. “Selain badan jalannya lebar, tikungannya tak setajam jalur yang menuju Ponorogo serta Jogja,” jelas mantan Kepala Bappeda ini.

Selain kendala infrastruktur, hasil tangkapan ikan di PPP Tamperan yang belum maksimal juga menjadi salah satu batu sandungan belum terlaksananya program minapolitan di Pacitan. Indartato mengatakan, saat ini hasil tangkapan ikan di pelabuhan, baru mencapai 5.000 ton per tahun. Kondisi tersebut dikarenakan, jenis ikan yang mampu ditangkap oleh nelayan masih sangat minim.

“Tiga jenis ikan yang masih mendominasi seperti tuna, cakalang, serta tongkol,” sebut Indartato. (jbc15/jbc1)

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*