Proses e-KTP Tuban Capai 38 Persen

Antrian panjang e-KTP di Kecamatan Tuban. (foto:jbc18)

TUBAN (jurnalberita.com) – Pengerjaan perekaman data Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) Kabupaten Tuban sudah mencapai 38 persen dari jumlah total 952.218 yang tersebar di 20 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Kependudukan, Joko Ludiyono saat ditemui jurnalberita.com di kantornya, Rabu (13/6/12).

“Dalam waktu 48 hari ini kita sudah mencapai 38 persen, dan kami yakin akan selesai sebelum target yang telah ditentukan. Karena logikanya dalam waktu 48 hari ini saja kita sudah bisa mencapai 38 persen, sedangkan waktu yang disediakan selama 6 bulan,” ujar Joko Ludiyono.

Joko menambahkan, pencapaian perhari di setiap kecamatan mencapai 400 sampai 500 penduduk. Sehingga jika dikalikan dengan 20 Kecamatan, perharinya mencapai 8000 sampai 8500 penduduk.

“Kita memang membuat target waktu penyelesaian. Ini semua dilakukan agar program e-KTP bisa selesai lebih cepat dari waktu yang telah ditentukan,” tambah Joko.

Saat dikonfirmasi lebih lanjut mengenai beberapa alat e-KTP yang masuk kategori bekas pakai, dan sempat menjadi kekawatiran petugas. Joko menyampaikan, bahwa sampai saat ini baik-baik saja tidak ada kendala dengan alat tersebut.

“Tidak ada masalah, semua alat masih layak untuk dipakai dan Alhamdulillah kekawatiran kita kemarin sampai saat ini tidak terjadi. Semoga saja sampai selesai nanti tidak ada masalah apa-apa,” terangnya.

Masalah yang sering timbul dalam pengerjaan perekaman data e-KTP ini, lebih pada tekanan daya listrik yang tidak mencapai standar, dan seringnya pemadaman listrik oleh pihak PLN. Serta proses bagi lansia dan penyandang cacat. Sehingga petugas harus melakukan teknik mobilisasi ke setiap desa-desa.

“Kami sudah siapkan petugas untuk memobilisasi bagi lansia dan penyandang cacat yang sangat tidak mungkin bisa datang ke Kecamatan, dengan bekerjasama beberapa aparat yang ada di desa,” pungkas Joko. (jbc18/jbc1)

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site