SG Salurkan Beasiswa Pendidikan Rp 1,8 Miliar

TUBAN (jurnalberita.com) – Sebagai wujud kepedulian terhadap pendidikan, dalam rangka menyambut HUT Semen Gresik yang ke-55, PT Semen Gresik memberikan bantuan beasiswa kepada 1.908 siswa di wilayah Kabupaten Tuban dan Kabupaten Gresik, Rabu (20/6/12).

Kegiatan pemberian beasiswa yang dipusatkan di Desa Bogorejo, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Tuban, Drs. Sutrisno dan Wakil Bupati Kabupaten Tuban, Ir. Nor Nahar Husain.

Keberadaan SG yang telah beroperasi sejak 1957 dan telah go public pada 1991 merupakan pabrik semen terbesar di Indonesia dengan market share 43%. Dalam perkembangannya, SG tumbuh dan berkembang bersama masyarakat, demikian juga dalam operasional bisnisnya.

Semen Gresik tidak hanya berorientasi pada nilai perusahaan (corporate value) yang direfleksikan melalui kondisi keuangannya (financial) semata. Namun, SG juga berkontribusi terhadap pembangunan masyarakat sekitar dengan triple bottom lines-nya, yakni ekonomi, sosial dan lingkungan. Hal ini sejalan dengan misi perusahaan yang menyatakan bahwa Semen Gresik memiliki komitmen terhadap peningkatan kesejahteraan stakeholders, terutama pemegang saham, karyawan dan masyarakat sekitar.

Dari komitmen tersebut, SG melalui langkah-langkah strategis dengan memberikan bantuan pada dunia pendidikan guna meningkatkan mutu SDM di daerah. Bantuan tersebut meliputi beasiswa dan perlengkapan sekolah.

Beasiswa dan perlengkapan sekolah yang diberikan kepada siswa mulai tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK serta siswa di Lembaga Bimbingan Belajar yang ada di Kabupaten Gresik sebanyak 124 sekolah dan Kabupaten Tuban ini sebanyak 227 sekolah. Dalam hal ini SG melibatkan kepala sekolah agar penyerahan tepat sasaran. Tujuan program ini untuk meningkatkan kualitas dan memberikan motivasi bagi siswa, sehingga muncul siswa-siswa berprestasi yang dapat menjadi kebanggaan daerah atau nasional.

“Kami berharap melalui kegiatan-kegiatan seperti ini, jalinan hubungan dan kerjasama yang sudah terbina menjadi semakin harmonis,” ujar Dirut Dwi Soetjipto saat memberi sambutan.

Dalam sambutanya, Nor Nahar juga berharap kerjasama antara perusahan PT. SG dengan Pemerintah Kabupaten Tuban untuk memperkuat pendidikan politeknik, serta meminta kepada PT. SG agar dana beasiswa yang diberikan kepada siswa ini bisa tepat sasaran.

“Semoga dengan adanya beasiswa yang diberikan PT. SG ini bisa membantu Pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan yang ada di Kabupaten Tuban ini, khususnya pada pendidikan politeknik,” ujar Nor Nahar saat memberi sambutan.

Jumlah perlengkapan yang diberikan PT. SG di Kabupaten Gresik ini berjumlah 636 siswa yang terdiri dari 3 kecamatan. Yaitu, Kecamatan Kebomas, Manyar, dan Gresik. Untuk SD sebanyak 435 siswa dengan jumlah beasiswa Rp 450.000 per siswa, SMP sebanyak 105 siswa dengan jumlah beasiswa Rp 500.000 per siswa, sedangkan untuk SMA sebanyak 96 siswa dengan jumlah beasiswa Rp 550.000 per siswa.

Sedangkan untuk Kabupaten Tuban ini berjumlah 1.218 siswa terdiri dari 5 Kecamatan yang meliputi, Kecamatan Merakurak, Kerek, Jenu, Tambak Boyo dan Kecamatan Tuban. Untuk SD sebanyak 930 siswa dengan jumlah beasiswa Rp 300.000 per siswa, SMP sebanyak 168 siswa dengan jumlah beasiswa Rp 450.000 per siswa, sedangkan untuk SMA sebanyak 120 siswa dengan jumlah beasiswa Rp 500.000 per siswa.

Saat diwawancarai jurnalberita.com, Direktur Produksi PT SG, Suparni menyatakan, jumlah tersebut di atas belum termasuk bea siswa yang diberikan untuk siswa lainnya melalui lembaga bimbingan belajar.

“Apabila ditotal bantuan bea siswa Semen Gresik ‘Peduli Pendidikan’ untuk siswa di Kabupaten Tuban dan Gresik untuk tahun 2012 sebesar Rp 1.797.150.000 (satu milyar tujuh ratus sembilan puluh tujuh juta seratus lima puluh ribu rupiah),” terang Suparni.

Suparni menambahkan, Selain beasiswa yang sudah disebutkan semua di atas, itu juga belum termasuk dua lembaga yang ada di SG, yaitu LAZIZ (Lembaga Amil Zakat Infaq & Shodaqoh) dan PIPSG (Persatuan Istri Pegawai Semen Gresik) yang juga memberikan beasiswa pada kesempatan yang lain, dan semoga pada tahun depan bisa bertambah banyak lagi anggaran untu kepedulian Pendidikan.

Dalam rangkaian HUT Semen Gresik Tahun ini juga akan diselenggarakan lomba lukis dan mewarnai di atas kertas semen untuk 5.000 anak-anak di Gresik dan Tuban. Perlombaan ini sekaligus sebagai acara pembukaan dalam rangkaian peringatan HUT perusahaan. Melihat jumlah peserta dan jenis kertas yang dipakai, pelaksanaan ini direncanakan akan memecahkan rekor muri dengan peserta terbanyak. (rilis/jbc18/jbc1)

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site