SMK Pelayaran Lahirkan Lulusan Siap Kerja

\"\"

TUBAN (jurnalberita.com) – Prosesi Wisuda Sekolah Menengah Pelayaran (SMK) Muhammadiyah, Kabupaten Tuban beralangsung sangat meriah. Wisuda yang diikuti 101 siswa, yang biasa disebut Taruna dan Taruni ,tersebut diselenggarakan di Gedung Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tuban. Minggu (3/5/12).

Siswa SMK Pelayaran Muhammadiyah Kabupaten Tuban dinyatakan lulus 100% dalam ujian nasioanl. Nilai terbaik Taruna diperoleh Ahmad Prasetyo dengan nilai rata-rata 9,00, sedangkan untuk Taruni diraih Natasya Nikita dengan nilai rata-rata 9,40.

Dalam acara wisuda tersebut, juga diumumkan sekaligus pemberangkatan siswa yang lolos berangkat ke Jepang. “Ada 56 Taruna dan taruni yang yang lolos. Namun, untuk sementara akan dikirim 36 siswa, dan yang sisanya akan dikirim pada bulan berikutnya,” ujar Suyanto, guru Bahasa Jepang, yang sekaligus akan mendampingi siswa-siswi.

Kabarnya, sudah ada dua perusahaan besar Jepang yang melakukan kerjasama dengan SMK Pelayaran MuhammadiyahTuban, yaitu Perusahaan Tee Kay Corporation Japan melalui PT PUMI Tanggerang dan Japan Tuna Asossiation, melalui PT. Harini Asri Bahari di Jakarta.

Namun, sebelum siswa berangkat ke Jepang, mereka akan belajar bahasa dan kebudayaan Jepang selama tiga bulan di Jakarta.

“Hari ini kita akan berangkatkan 36 Taruna dan Taruni ke Jakarta untuk belajar Bahasa Jepang dan Kebudayaan Jepang, untuk itu selama tiga bulan anak-anak harus dikarantina di Jakarta dulu,” tambah Suyanto.

Ditempat yang sama, usai prosesi wisuda, kepada jurnalberita.com, Kepala Sekolah SMK Pelayaran, H. Ruswanto, SPi, menambahkan, bahwa pada tahun ajaran baru ini sudah ada 14 perusahaan Jepang yang yang melakukan kerja sama dengan SMK Pelayaran Tuban.

“Ada sekitar 14 Perusahaan Jepang yang sudah mengajak kerjasama dengan kita, dan sekitar 200 siswa akan kita siapkan untuk dikirim ke Jepang pada lulusan tahun depan,” ujar Ruswanto, sembari menambahkan bila SMK Pelayaran Muhammadiyah siap menjawab tantangan modernisasi, dan siap melahirkan lulusan yang siap kerja serta diimbangi dengan prestasi dan akhlaqul kharimah. (jbc18/jbc2)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*