Yang Muda, Yang Bercinta Dengan Sejarah

TUBAN (jurnalberita.com) – Pameran seni rupa anak muda Kabupaten Tuban sudah resmi dibuka untuk umum, tepat pukul 15.00 WIB. Pameran seni rupa tersebut dibuka secara resmi oleh Dinas Perekonomian dan Pariwisata Kabupaten Tuban, yang diwakili oleh Dra. Endang Trimedia MSi, sekretaris Dinas Pariwisata di Gedung Budaya Loka, Jalan Basuki Rahmad, Kabupaten Tuban, Minggu (3/6/12).

Pameran Seni Rupa yang digelar oleh anak muda Tuban yang tergabung dalam komunitas Perupa Tuban ini akan berlanssung selama satu minggu, mulai pada hari ini tanggal 3 – 8 Juni 2012 yang akan dibuka mulai pukul 09.00-21.00 WIB setiap harinya.

Drs. Endang Trimedia Saat Meresmikan Pameran Seni Rupa. (foto:jbc18)

Kegiatan Pameran Seni Rupa dengan tema “Yang Muda, Yang Bercinta Dengen Sejarah”, merupakan wujud kepedulian anak muda Kabupaten Tuban akan cinta seni dan budaya. Harapan besar kegiatan tersebut bisa menghidupkan jiwa-jiwa seni kaum muda. Dengan maksud untuk melihat, menggali nilai dan mempresentasikan kembali kebesaran nilai historis budaya dan semangat juang kota Tuban dalam kaitannya dengan situasi kekinian.

Dalam pameran ini, para perupa berusaha untuk mengeluarkan gagasannya dengan berbagai media visual melalui simbol dan metafor, yang tentunya dibarengi dengan cara mereka dalam ‘mencintai’ aspek masa lalu yang bertalian dengan masa sekarang. Karena setiap sisi kehidupan adalah dinamika dari masa lalu.

Pameran seni rupa ini diikuti sebanyak 16 seniman muda Kabupaten Tuban, yang setiap seniman mengirimkan 3 lukisan. Sehingga total lukisan yang dipamerankan sebanyak 48 lukisan.

“Sampai sekarang Pameran Seni Rupa ini dibuka, lukisan yang tercatat dipanitia sebanyak 48 lukisan dari 16 seniman yang tercatat di panitia. Namun kemungkinan masih akan bertambah lagi,” ujar Eko Rudi Sugiarto, Ketua panitia Pameran Seni Rupa saat ditemui jurnalberita.com.

Di tempat yang sama, Dinas Perekonomian dan Pariwisata, Dra. Endang Trimedia menyampaikan kebanggaanya terhadap anak-anak muda yang selalu mengisi waktunya dengan hal-hal yang positif untuk bekal hidupnya nanti.

Namun sayangnya, sementara ini di Kabupaten Tuban belum ada tempat yang disediakan secara khusus oleh Dinas Pariwisata untuk para Seniman.

“Kita memang tidak membuat tempat secara khusus untuk para seniman, karena para seniman ini kan tidak bisa dipaksa dan dikumpulkan jadi satu, karena mereka berangkat dari jiwa-jiwa seni. Namun, Dinas Pariwisata akan selalu dan setia mefasilitasi setiap komunitas-komunitas seni yang ada di Kabupaten Tuban ini. Dan setiap ada even-even nasional kita akan selalu mengirim para seniman muda Tuban,” pungkas Endang Trimediya. (jbc18/jbc1)

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site