Antisipasi Kekosongan Darah Saat Ramadhan, PMI Buka Gerai di Alun-alun

GRESIK (jurnalberita.com) – Selain membuka gerai donor darah di tempat-tempat keramaian, untuk menghadapi kekosongan stok darah saat bulan suci Ramadhan, Unit Donor Darah PMI Gresik akan proaktif bekerjasama dengan komunitas non Islam. Pernyataan ini disampaikan oleh Unit Donor Darah PMI Gresik, dr Jufrita, Selasa (10/7/12).

Menurut keterangan dr Jufrita, jumlah stok darah di unit donor darah PMI Gresik saat ini tersedia sekitar 1000 kantong. “Untuk saat ini stok darah kami aman,” tegas Jufrita. Diakui dr Jufrita, respon masyarakat Gresik terhadap donor darah sangat baik. Terutama dari beberapa perusahaan yang ada di Gresik serta dari organisasi sosial kemasyarakatan. Setiap even selalu mengadakan aksi donor darah.

Selain itu, pendonor Gresik juga termasuk aktif. Biasanya saat hari normal jumlah pendonor darah yang datang mendonorkan darahnya ke Unit donor darah PMI Gresik rata-rata sebanyak 100 – 150 pendonor. Dari jumlah itu, antara 50 – 100 kantong darah terdistribusi ke sejumlah Rumah Sakit di Gresik. Sisanya biasanya untuk membantu mencukupi sejumlah Rumah Sakit di sekitar Pantura.

Saat bulan Ramadhan, biasanya terjadi penurunan jumlah pendonor, bahkan saat siang hari tidak ada seorang pendonorpun. Guna mengantisipasi kekosongan stok darah di Gresik, dr Jufrita dan kawan-kawan memindahkan aktifitasnya pada malam hari di tempat-tempat keramaian.

“Seperti tahun sebelumnya, kami akan membuka gerai donor darah di Bunderan GKB dan Alun-Alun kota Gresik. Kami akan memulai seminggu awal puasa,” ujar dr Jufrita. Pihaknya akan memanfaatkan bis donor hasil sumbangan PMI pusat ini untuk dijadikan base camp donor darah.

Upaya lain yang dilakukan untuk mengantisipasi kekosongan darah pada bulan Ramadhan yaitu memanfaatkan pendonor non muslim. Kami sudah bersurat kepada komunitas non muslim dan bahkan beberapa pihak telah membalas surat kami dengan menyatakan kesiapan serta melakukan MoU dengan kami untuk bersama-sama mendonorkan darahnya. Melihat kenyataan itu, dr Jufrita optimis stok darah di Gresik tidak akan kosong. (jbc6/jbc1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site